Sabtu, 20/04/2024 19:46 WIB

RAPIMNAS KADIN INDONESIA

Ketua DPR: Omnibus Law untuk Antisipasi Perlambatan Ekonomi

Ketua DPR Puan Maharani  menekankan perlunya penguatan regulasi untuk menciptakan ekosistem berusaha yang kondusif.

Ketua DPR, Puan Maharani saat menghadiri Rapimnas Kadin 2019 di Bali

Jakarta, Jurnas.com - Ketua DPR Puan Maharani  menekankan perlunya penguatan regulasi untuk menciptakan ekosistem berusaha yang kondusif.

Menurutnya, iklim usaha yang kondusif diperlukan untuk mengantisipasi penurunan pertumbuhan ekonomi nasional akibat kondisi ekonomi dunia yang melambat.

"Substansinya menata sinergi kebijakan pemerintah pusat dan daerah; kemudahan perizinan; insentif bagi dunia usaha yang hasilkan komoditi ekspor; insentif bagibdunia usaha yan inovatif, diikuti penataan aturan berinvestasi," kata Puan, di arena Rapimnas Kadin 2019 di Bali.

Puan Maharani tampil sebagai pembicara utama dalam diskusi panel Rapimnas KADIN yang bertema: Menuju Ekonomi Maju, Berdaya saing dan Berkeadilan.

Menurut Puan, DPR akan membantu Pemerintah dalam penguatan regulasi untuk mendorong laju perekonomian dengan  segera membahas pembentukan UU Omnibus.

"DPR akan memastikan bahwa seluruh kepentingan stakeholders dapat terakomodir, baik itu Pemerintah, Pengusaha, Pekerja dan terutama kepentingan rakyat," kata Puan.

Dalam paparannya, Puan Maharani menekankan pentingnya pasar yang kondusif bagi produktifitas perekonomian nasional. Oleh karenanya, perlu adanya upaya dan kebijakan dalam memperluas dan memperdalam pasar untuk komoditi nasional.

"Diperlukan adanya kebijakan afirmatif untuk melindungi produk dalam negeri agar dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri," terangnya.

Puan juga menyarankan agar Proyek Proyek APBN, APBD, dan BUMN, meningkatkan TKDN (tingkat kandungan dalam negeri) yang tinggi untuk menghemat devisa.

KEYWORD :

Warta DPR Pimpinan DPR Puan Maharani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :