Selasa, 12/11/2019 07:55 WIB

Singkirkan Bermusuhan Dengan Kolesterol

Beberapa makanan enak memang berpotensi kadar kolesterol ke tingkat yang lebih tinggi, tetapi sebenarnya Anda tidak perlu merasa takut yang berlebihan.

Ilustrasi makanan dan minuman

Jakarta, Jurnas.com - Slogan agar kita sejak dini mengurangi bahkan menghindari makanan penyebab kolesterol sering kali kita baca dan dengar. Beberapa makanan enak memang berpotensi kadar kolesterol ke tingkat yang lebih tinggi, tetapi sebenarnya Anda tidak perlu merasa takut yang berlebihan. Anda cukup mengerti bagaimana mengontrol mengenai kadar kolesterol yang terkandung pada makanan tersebut.
Kolestrol tidak memandang usia, tetapi umumnya menyerang orang yang berusia 35 tahun ke atas. Apalagi jika dalam keluarga memiliki riwayat kesehatan hiperlipidemia (kadar lemak tinggi), overweight, dan diabetes.

Tetapi Anda juga harus mengetahui bahwa tubuh juga memerlukan kolestrol untuk menciptakan membran sel, hormon, vitamin D, serta mencerna lemak dalam tubuh. Zat yang diproduksi oleh hati ini dapat berubah jahat saat gaya hidup Anda tidak dijaga dengan baik. Misalnya mengkonsumsi gorengan, junkfood dan berbagai makanan penyebab kolesterol tinggi dengan tidak bijak.

Untuk menjaga kolesterol Anda dalam keadaan normal, Anda harus mengubah gaya hidup Anda yang buruk. Berikut ini beberapa tips untuk dapat bersahabat dengan kolesterol :

1.  Menjaga pola makan sehat dan teratur. Mulailah dari sekarang Anda mengkonsumsi makanan berserat seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, gandum dan buah. Untuk memasak, Anda dapat menggunakan olive oil atau coconut oil.

2.  Jangan ragu untuk berhenti merokok dan alkohol. Banyak kebaikan yang Anda dapatkan jika tidak lagi mengkonsumsi 2 hal tersebut, terutama dalam hal kesehatan. Bagi perokok dan alkohol, kolesterol dengan mudah menumpuk di dalam aliran darah.

3.  Buatlah jadwal olahraga sebagai salah satu rutinitas Anda minimal seminggu 3 kali. Berjalan kaki di sekitar rumah atau memilih menggunakan tangga dibandingkan lift saat di kantor dapat Anda lakukan sebagai olahraga ringan jika tidak sempat ke tempat kebugaran. Diwaktu libur Anda dapat mengajak keluarga dan teman untuk ke tempat rekreasi  seperti berjalan kaki di kebun teh, kebun binatang, atau berenang. Anda dapat fun tapi juga menyehatkan tubuh dan melepas kepenatan rutinitas sehari-hari.

4. Tubuh juga memerlukan antioksidan. Anda dapat mengkonsumsi bawang putih sebutir saja tiap pagi merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol. Perbanyak makan buah seperti apel, jeruk, papaya, buah naga dan labu, juga cara ampuh menurunkan kadar kolesterol

5. General Check Up dapat Anda melakukan setahun sekali untuk memantau kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.

TAGS : Kolesterol Kesehatan Makanan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :