Minggu, 19/01/2020 08:38 WIB

Relawan KPN: Calon Menteri Wajib Punya Jiwa dan Semangat Seperti Jokowi

Saya berharap di periode kedua Jokowi ada menteri yang berasal dari relawan. Alasannya ada ikatan antara Jokowi dan relawan sejak 2014.

Jubir KPN Dedy Mawardi

Jakarta, Jurnas.com - Organ relawan pendukung Jokowi yang tergabung dalam Komite Penggerak Nawacita (KPN) berharap semua pihak menghormati hak prerogatif Presiden Jokowi dalam menyusun menteri anggota kabinet kerja jilid 2.

"Hak prerogatif presiden harus dihormati, tanpa adanya tekanan maupun campur tangan pihak-pihak atau kelompok yang tak mempunyai ikatan emosional, maupun dukungan dalam proses pengawalan pemerintahan Jokowi selama ini," ujar Jubir KPN Dedy Mawardi, Selasa (22/10/2019).

Dedy menjelaskan, Presiden Jokowi sudah sepatutnya mendapatkan menteri-menteri terbaik, yang mempunyai integritas dan kapabilitas mumpuni untuk mewujudkan agenda perubahan sebagai prioritas pemerintahan sebagaimana tertuang dalam program Nawacita.

Pada periode kedua ini, jelas Dedy, komposisi kabinet selayaknya diisi figur-figur yang tak hanya mampu menjalankan agenda prioritas pemerintah, juga memahami apa yang diinginkan presiden.

"Kabinet ini harus diisi oleh orang-orang yang menjiwai ruh perubahan itu sendiri, bukan yang sekedar membawa agenda pribadi atau kepentingan sempit kelompoknyaā€¯ ucap Dedy.

Organ relawan yang tergabung dalam KPN, lanjut Dedy, tak mempermasalahkan figur calon menteri nantinya berasal dari kalangan profesional, kader parpol pendukung, maupun relawan.

"Yang terpenting adalah figur tersebut mempunyai latarbelakang dan rekam jejak yang teruji di masa lalu dan selama proses pengawalan kepemimpinan Jokowi di periode sebelumnya," beber Dedy.

Hingga hari kedua, Dedy belum melihat kehadiran tokoh relawan di istana. Padahal, ia menilai banyak figur dari relawan Jokowi yang tak kalah mumpuni. Baik dari sisi profesionalitas maupun loyalitas jika ditunjuk menjadi menteri.

"Saya berharap di periode kedua Jokowi ada menteri yang berasal dari relawan. Alasannya ada ikatan antara Jokowi dan relawan sejak 2014. Ikatan ini bisa jadi kekuatan untuk mewujudkan agenda perubahan menuju Indonesia lebih baik," pungkas Dedy.

TAGS : Relawan Komite Penggerak Nawacita Kabinet




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :