Selasa, 19/11/2019 19:56 WIB

Ternyata Salah Kaprah Menuding Hacker Penjahat

Istilah Hacker  adalah seseorang yang mempelajari, menganalisa, dan bisa memodifikasi, juga mengeksploitasi sistem yang terdapat pada  perangkat.

Ilustrasi Hacker

Jakarta, Jurnas.com - Dalam dunia teknologi saat ini, kerap kita sulit membedakan antara Hacker dan Cracker. Dua kata itu, sekilas memang mirip, padahal secara kerjanya berbeda.

Istilah Hacker  adalah seseorang yang mempelajari, menganalisa, dan bisa memodifikasi, juga mengeksploitasi sistem yang terdapat pada  perangkat. Entah perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer, administrasi. Mereka juga menguasai sisi keamanannya.

Julukan hacker disandang bagi mereka yang bekerja untuk mencari kelemahan suatu sistem dan memberikan ide atau pendapat yang bisa memperbaiki kelemahan sistem yang ditemukannya.

Sedangkan Cracker. Biasanya untuk orang yang mencari kelemahan sistem dan memasukinya untuk kepentingan pribadi dan mencari keuntungan dari sistem yang dimasuki. Mereka biasanya mencuri  data, penghapusan, dan lainnya.

Kali pertama sebutan hacker muncul pada awal tahun 1960-an. Mereka adalah para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Kelompok mahasiswa ini menjadi perintis  teknologi komputer. Dan kata hacker itu muncul untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik ketimbang yang telah dirancang bersama.

Namun julukan mereka pada tahun 1983 berkesan jahat. Tahun itu, intelijen Amerika menangkap kelompok kriminal komputer The 414s yang berbasis di Milwaukee AS.

Kelompok itu kemudian disebut sebagai hacker dan dinyatakan bersalah atas pembobolan 60 buah komputer. Sehingga, karena kesalahpahaman masyarakat dengan perbedaan istilah antara hacker dan cracker. Banyak orang memahami hacker yang mengakibatkan kerugian pihak tertentu.

TAGS : Kejahatan Siber Hacker Cracker




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :