Kamis, 25/04/2024 05:23 WIB

Bulan Kanker Payudara, Mari Saling Mengingatkan Lagi

Bulan Oktober menjadi bulan awarness bagi kanker payudara, saatnya mengingatkan kembali pentingnya pencegahan dan pemeriksaan dini.

Kanker payudara (Foto: google)

Jurnas.com - Kanker payudara merupakan kanker dengan jumlah kasus terbanyak, dan menjadi salah satu penyebab kematian utama akibat kanker.

Hal tersebut dikarenakan sebagian besar penderita kanker payudara datang berobat ketika sudah memasuki stadium lanjut. Padahal, jika terdeteksi sejak dini dan segera diterapi, kanker dapat sembuh.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan deteksi dini kanker payudara dengan pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI:

1. Cermati, berdiri tegak bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan/atau perubahan pada puting. Jangan khawatir bila bentuk payudara kanan dan kiri tidak sama.

2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. dorong siku ke depan dan cermati payudara; dan dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara. Otot dada Anda dengan sendirinya berkontraksi saat Anda melakukan gerakan ini.

3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan otot dada Anda.

4. Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan Anda.

5. Cubit kedua puting. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Berkonsultasilah ke dokter seandainya hal itu terjadi.

6. Pada posisi tiduran, letakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas. Cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitar ketiak. Ulangi langkah ini pada sisi berlawanan, untuk mencermati payudara sebelah kiri.

Oya, Anda bisa melakukan pemeriksaan payudara sendiri ini secara rutin pada 7-10 hari setelah hari pertama menstruasi.

KEYWORD :

Kanker Payudara Periksa Sadari Pencegahan Kanker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :