Rabu, 23/10/2019 06:34 WIB

Badai Tropis Terbentuk di Atlantik

Badai Tropis Karen terbentuk di sebelah timur Kepulauan Windward, Atlantik

Ilustrasi Badai (foto: UPI)

Jakarta, Jurnas.com - Badai Tropis Karen terbentuk di sebelah timur Kepulauan Windward, Atlantik pada Minggu (22/09) waktu setempat.

Peringatan badai tropis telah dikeluarkan untuk Trinidad dan Tobago, Grenada dan dependensinya, dan St. Vincent dan dependensinya, menurut Pusat Badai Nasional.

Dalam penasehatnya pada jam 8 pagi, Karen berada sekitar 55 mil di sebelah timur Grenada dan sekitar 100 mil di selatan-tenggara St. Vincent. Itu melakukan perjalanan barat-barat laut pada 9 mph dengan angin berkelanjutan 40 mph.

Dilansir UPI, AccuWeather telah memantau daerah ini dari cuaca yang terganggu untuk pengembangan tropis sejak akhir pekan lalu.

"Karen akan membawa curah hujan lebat dan hembusan angin 40-50 mph hari ini ke Grenada, Trinidad dan Tobago dan St. Vincent dan Grenadines," kata Ahli Meteorologi Senior AccuWeather, Dan Pydynowski.

"Pemadaman listrik sporadis di pulau-pulau ini kemungkinan Minggu malam hingga Minggu malam," tambahnya.

Setelah melintasi Kepulauan Windward, Karen diperkirakan akan berbelok ke utara di atas Karibia timur Senin-Selasa.

Karen akan berangsur-angsur menguat saat menuju Puerto Rico dan Kepulauan Virgin awal pekan ini, menurut Pydynowski.

Kenaikan dalam hujan dan angin lokal yang kencang mungkin terjadi di sepanjang jalan Karen.

"Di luar hari Selasa, Karen akan terus bergerak ke utara dan akan berpusat di timur Bahama pada akhir pekan ini," kata Pydynowski, menambahkan bahwa ada kemungkinan bahwa Karen berbelok ke barat pada akhir pekan depan.

"Semua kepentingan di Bahama dan Amerika Serikat bagian tenggara harus terus memantau jejak Karen," kata Pydynowski.

Sementara itu, gangguan tropis yang kuat dengan curah hujan deras dan badai akan pindah dari pantai Afrika pada hari Minggu.

Ahli meteorologi AccuWeather memantau dengan cermat gangguan ini untuk pengembangan menjadi depresi atau badai tropis minggu ini.

"Karena fitur ini sangat jauh di tepi cekungan, pergerakan dan dampak, jika ada pada Lesser Antilles dan Karibia pada umumnya dari satu hingga dua minggu jauhnya sangat tidak pasti," kata Kottlowski.

TAGS : Badai Tropis Atlantik




TERPOPULER :