Kamis, 25/04/2024 18:30 WIB

Pemerintah Dorong Keterlibatan Startup dalam Revolusi Industri 4.0

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong keterlibatan starup dalam revolusi industry 4.0

Roadshow tech link yang berlangsung di BSD Tangerang, Rabu (18/09)

Tangerang, Jurnas.com – Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong keterlibatan starup dalam revolusi industry 4.0. Salah satu langkah yang dilakukan dengan meluncurkan program Making Indonesia 4.0 Startup 2019 dengan tema “Startup 4 Industry 2019” pada hari jumat (30/08) lalu.

Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut, Endang Suwartini mengatakan, implementasi industri 4.0 melalui transformasi digital bukan suatu hal yang tidak mungkin dilakukan pada industri kecil dan menengah (IKM), namun hal tersebut perlu upaya bersama dari pemerintah, penyedia teknologi, serta yang terpenting adalah komitmen dari industri kecil menengah itu sendiri.

“IKM dan UMKM yang jumlahnya 99% dari total jumlah usaha di Indonesia ini selayaknya mendapat stimulan dan perhatian khusus untuk dapat bersaing dan mengembangkan usahanya,” ujar Endang Suwartini.

Endang menilai beberapa permasalahan yang dihadapi oleh IKM salah satunya keterbatasan kemampuan dalam digital marketing, pengelolaan supply chain, serta pengolahan data yang dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi bisnis.

“Hal itu jelas menghambat pertumbuhan IKM, apalagi nantinya akan menghadapi revolusi industri 4.0, dimana akan terjadi persaingan yang sangat ketat. Sehingga butuh upaya bersama untuk mengatasi hal tersebut,” sebut Endang.

Ia menambahkan, ekosistem inovasi ini perlu dibangun bersama-sama sehingga nantinya akan menjembatani antara kebutuhan industri dan inovasi yang dihasilkan.

 “Mari para startup, peneliti, akademisi turut membangun industri Indonesia dengan bergabung dalam gerakan startup4industry.id, pecahkan hackathonnya ikuti kompetisinya. Keberadaan startup menjadi hal penting dalam akselerasi transformasi digital IKM, melalui penerapan teknologi digital hasil inovasi startup teknologi,” ujarnya.

Rangkaian program “Startup 4 Industry 2019” dimulai dari publikasi dan registrasi yang dilakukan pada tanggal 20 Agustus – 20 Oktober 2019. Serta diawali dengan peluncuran program pada 30 Agustus 2019. 

Selanjutnya, Tech Link atau business matching antara IKM dengan startup yang telah dilaksanakan di Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Makassar, Medan, Batam dan saat ini di Tangerang. Selanjutnya, Roadshow akan dilanjutkan ke Bekasi, dijadwalkan sampai 19 September 2019”, lanjut Endang.

Selain itu, sosialisasi kompetisi Hack Industry dan Comptech telah dilaksanakan di kota Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Makassar, Medan, Batam bersamaan dengan Roadshow Tech Link, seperti juga yang kita laksanakan hari ini di Tangerang. Sementara roadshow akan berlanjut ke Bali hingga 26 September 2019 mendatang.

 

KEYWORD :

Revolusi Industri Kementerian Perindustrian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :