Kamis, 14/11/2019 00:41 WIB

Berkostum ala Rocker, Jack Ma Resmi Tinggalkan Alibaba

Dengan berlinangan air mata, pendiri Alibaba, Jack Ma, resmi meninggalkan perusahaan yang dirintisnya sejak 20 tahun lalu, pada Selasa (10/9).

Pendiri Alibaba, Jack Ma dalam pesta perpisahan (Foto: AFP)

Hangzhou, Jurnas.com - Dengan berlinangan air mata, pendiri Alibaba, Jack Ma, resmi meninggalkan perusahaan yang dirintisnya sejak 20 tahun lalu, pada Selasa (10/9).

Dalam pesta perpisahan di sebuah apartemen kecil di Kota Hangzhou, China Timur, Ma tampil dengan mengenakan gitar dan wig ala bintang rock di hadapan ribuan karyawan.

Selama empat jam, miliarder Alibaba itu memenuhi janjinya setahun yang lalu untuk diserahkan kepada CEO baru, Daniel Zhang.

"Setelah malam ini saya akan memulai hidup baru. Saya percaya dunia ini baik, ada begitu banyak peluang, dan saya sangat menyukai kegembiraan, itulah sebabnya saya akan pensiun dini," kata Ma kepada para tamu dan karyawan.

Ma terlihat pada satu titik mengalir dengan air mata, ketika staf memakai sandiwara dan menyanyikan lagu-lagu, mendorong topik "Jack Ma telah menangis" untuk tren di platform media sosial China Weibo.

Menjelang akhir upacara, Ma, yang juga merupakan salah satu pendiri Lucy Peng, dan CEO komite teknologi Alibaba Wang Jian menampilkan lagu-lagu pop China. Mereka bergabung dengan co-founder Joe Tsai yang mengenakan gaun putih gaya Marilyn Monroe dan wig pirang.

Keluarnya Ma terjadi ketika Alibaba tumbuh menjadi perusahaan paling bernilai di Asia, dengan kapitalisasi pasar US$460 miliar.

E-Commerce ini mempekerjakan lebih dari 100.000 orang, dan telah berkembang menjadi layanan keuangan, komputasi awan dan kecerdasan buatan.

Kepada para karyawan, Ma berharap melihat Alibaba memikul lebih banyak tanggung jawab untuk meningkatkan masyarakat, di tengah perubahan besar yang ditimbulkan oleh teknologi seperti big data dan 5G.

"Tidak mudah menjadi perusahaan yang kuat, tetapi lebih sulit menjadi perusahaan yang baik. Perusahaan yang kuat ditentukan oleh kemampuan komersialnya, sementara perusahaan yang baik bertanggung jawab dan baik," tandas dia.

TAGS : Jack Ma Alibaba




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :