Selasa, 15/10/2019 18:38 WIB

Gelar Pertemnuan di Bali, Gubernur Koster Ajak ISEI Beli Produk Lokal

Gubernur Bali Wayan Koster kembali menegaskan komitmennya memajukan aneka produk lokal Bali, khususnya untuk mendukung industri pariwisata.

Gubernur Bali, Wayan Koster saat acara Gala Dinner Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) XX yang digelar di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jaya Sabha Denpasar, Selasa ( 27/8) malam.

Denpasar, Jurnas.com - Gubernur Bali Wayan Koster kembali menegaskan komitmennya memajukan aneka produk lokal Bali, khususnya untuk mendukung industri pariwisata.

Hal itu terungkap saat acara Gala Dinner Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) XX yang digelar di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jaya Sabha Denpasar, Selasa ( 27/8) malam.

"Produk lokal dengan brand Bali saat ini sedang saya upayakan agar makin luas cakupannya, bisa lebih dikenal hingga ke pasar internasional," kata Gubernur Koster.

Gubernur Koster melanjutkan, sejatinya hampir seluruh daerah di Bali punya produk dengan keunikannya masing-masing. Hal ini sangat potensial untuk `dijual` terlebih dengan branding Bali yang sudah mendunia.

"Masalahnya, sekarang ada dipermodalan dan pemasaran. Ini yang akam kita genjot lagi agar masyarakat Bali, para pengrajin, bisa lebih sejahtera. Semoga nantinya ISEI bisa membantu memberikan rekomendasi dan masukan lebih jauh," harap pria kelahiran Sembiran, Kabupaten Buleleng ini.

Khusus untuk para peserta anggota ISEI yang hadir dari seluruh Indonesia, Gubernur Koster berpesan selama berlibur menikmati keindahan alam dan budaya Pulau Dewata, agar sekaligus memburu buah tangan produk-produk asli lokal Bali.

"Bali pariwisatanya berbasis budaya. Ini yang kami tawarkan kepada wisatawan, dan kerajinan jadi salah satu bentuk budaya lokal yang unik di Bali," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Bali ini.

Sementara itu, Menristekdikti RI Mohamad Nasir mengaku pertemuan dalam momen acara ini dengan Gubernur Koster sebagai sebuah reuni. "Karena sebelumnya sering sekali bertemu di komisi X (DPR RI) yang jadi mitra Kemenristekdikti," ucapnya.

Selanjutnya Menteri Nasir mengapresiasi kontribusi ISEI dalam pembentukan Lembaga Akreditasi Untuk Program Studi Ilmu Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntasi (Lememba). "Semoga nantinya bisa jadi tolak ukur penilaian perguruan tinggi kita," harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua ISEI Feri Warjiyo memuji kegiatan ISEI pada tahun ini yang digelar di Bali mempunyai makna spesial. Sebab pada momen ini berhasil memgembalikan `roh` ISEI kepada cita-cita semula.

"Kita mulai membangun esensi sebenarnya dari ISEI, all out untul membuat program, rekomendasi kepada kebijakan pemerintah," ujar Warjiyo.

"Tujuannya, agar pemerintah bisa membangun kebijakan untuk memajukan ekonomi lebih jauh lagi, di era ekonomi digital saat ini. Inilah kontribusi ISEI untuk negara," kata Gubernur Bank Indonesia ini.

Menyemarakan malam Gala Dinner tersebut, istri Gubernur Bali Ny. Putri Suastini Koster mempersembahkan pembacaan puisi berjudul `Sumpah Kumbakarna` diiringi tabuhan gamelan  siswa-siswi SMAN 5 Denpasar. Penampilan seniman multitalenta ini  dengan sejenak berhasil menghipnktis mereka yang hadir.

TAGS : Info Bali Gubernur Bali Wayan Koster




TERPOPULER :