Sabtu, 20/04/2024 17:48 WIB

Anda Sedang Program Hamil? Ini Lima Makanan yang Disarankan

Tak hanya istirahat cukup, pola makan juga berpengaruh bagi pasangan suami istri yang sedang menjalankan program hamil. 

ilustrasi ibu hamil

Jurnas.com - Program hamil adalah rangkaian terapi yang dilakukan pasangan untuk mendapat hamil atau mendapat keturunan.

Angka keberhasilan Promil sangat tergantung dari kondisi kesehatan reproduksi pasangan sehingga sangat penting untuk menjaga asupan makanan tetap sehat. 

Namun, kita yang sudah terbiasa dengan Cemilan disela-sela keseharian harus pintar memilih cemilan yang sehat agar tidak menggangu dan tetap mendukung program hamil yang sedang dijalani.

Berikut makanan dan camilan sehat yang direkomendasikan bagi Anda yang sedang menjalankan program hamil:

1. Buah Strawberry dan Blueberry

Buah dari golongan Berries seperti Strawberry dan Blueberry memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan produksi sel sperma dan kematangan sel telur.

Selain itu juga mengandung Antioksidan yang membantu membuang sisa-sisa metabolisme dan hasil oksidasi keluar dari tubuh sehingga memudahkan penyerapan nutrisi ke sel dan perlancar siklus metabolisme yang sehat.

2. Buah Apel

Kandungan nutrisi di buah apel membantu menurunkan tumpukan lemak di pembuluh darah sehingga memudahkan nutrisi terdistribusi ke seluruh tubuh termasuk organ reproduksi. Bahan bakar yang dibutuhkan akan lebih mudah digunakan.

3. Buah Semangka

Buah semangka memiliki tinggi nutrisi yang bersifat mengikat radikal bebas diseluruh tubuh. Selain itu juga membantu melindungi dan penyembuhan sel-sel tubuh yang rusak akibat radiasi. Sangat bermanfaat buat kita yang sering terpapar radiasi dari gadget.

4 Salad Sayur Hijau

Sayuran Hijau sangat memiliki kandunga nutrisi yang lengkap dan dibutuhkan tubuh kita. Sayuran hijau seperti kale, horenzo, brokoli dapat dijadikan cemilan sehat dalam bentuk salad. Meskipun dalam jumlah sedikit, kandungan yang diterima tubuh sangat banyak. 

Vitamin, Mineral, dan Phytonutrisi lainnya sangat lengkap untuk membantu banyak proses metabolisme tubuh. Selain itu juga mengandung makronutrisi (karbo, lemak, dan protein) dalam komposisi yang sehat dan seimbang untuk tubuh.

5. Chia Seed

Chia Seed sudah dikenal memiliki banyak manfaat dan serat yang berguna untuk tubuh kita. Akan tetapi, Chia Seed akan lebih bermanfaat dalam bentuk pudding karena serat larut airnya sudah aktif dan dapat langsung digunakan tubuh.

Serat larut air nya dapat mengikat semua toksin, lemak, dan kandungan makanan yang sudah tidak berguna dalam saluran pencernaan untuk dibuang keluar dari tubuh.

Cemilan sehat diatas selain membantu tubuh untuk tetap sehat, dapat melawan craving cemilan-cemilan yang tidak sehat seperti gorengan, manisan, kue, minuman manis, dan sejenisnya.

Dalam program hamil, perlu diingat untuk selalu mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang tinggi lemak, tinggi karbohidrat, tinggi gula, dan berproses/kemasan. Semua itu akan mengganggu banyak proses di dalam tubuh.

KEYWORD :

Program Hamil Makanan Sehat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :