Kamis, 19/09/2019 01:41 WIB

Catat, Ini Jadwal MocoSik 2019 di Yogyakarta

Pergelaran MocoSik 2019 akan memberikan sesuatu yang berbeda dari pergelaran sebelumnya. Apa itu?

Penyanyi Tulus akan tampil di MocoSik yang diadakan promotor Anas Syahrul Alimi. (Foto : Jurnas/Ginting)

Jakarta, Jurnas.com- Konser musik apa yang bisa sambal membaca buku-buku terbaik dari penulis ternama? Yup, pecinta musik Indonesia pasti sudah tahu, jawabannya ada di gelaran MocoSik Yogyakarta, yang memadukan Festival Buku dan Musik Mocosik yang selalu hadir tiap tahunnya bersama promotor Rajawali Indonesia.

Selalu mendulang sukses di tiap pergelarannya, kali ini Festival Buku dan Musik MocoSik akan hadir dengan tema “Buku, Musik, Kamu”. Pergelaran dilakukan dalam panggung akbar yang mengawinkan dua kultur, pada 23, 24, 25 Agustus 2019 mendatang. Mengambil venue yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni Jogja Expo Center (JEC), MocoSik tetap bernapaskan spirit mendekatkan buku dan musik.

Disampaikan Founder MocoSik Festival, Anas Syahrul Alimi, bahwa gelaran MocoSik tidak mengarusutamakan buku melebihi musik, atau pun sebaliknya. Namun keduanya selalu disejajarkan.

“Keduanya sama rendah, sama tinggi. Baik buku maupun musik berbagi dalam panggung dan waktu yang sama,” ungkap Anas Syahrul Alimi pada konferensi pers MocoSik di Medpresso Coffee, belum lama ini.

MocoSik adalah festival pertama di Indonesia yang mempertemukan buku dan musik dalam satu panggung besar. Mencoba mendekatkan para penikmat konser kepada buku, juga sebaliknya, mengakrabkan insan literasi dan pencinta buku kepada musik. Itulah misi literasi budaya yang diusung MocoSik. Pergelaran ini tidak hanya menampilkan musisi ataupun penulis yang tengah naik daun.

“Yang berada sangat jauh dan sudah berkarya lebih dahulu di waktu lampau, namun tetap eksis, juga kami berikan panggung yang sama,” jelasnya.

Penghikmat buku dan penikmat musik, lanjut Anas, diringkas menjadi satu: “Kamu”.  Irwan Bajang yang pada MocoSik #3 ini dipercaya menjadi Direktur Program, dalam tiga hari penyelenggaraan MocoSik terdapat lebih kurang 68 penampil. Jumlah itu, lanjut Bajang, lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

“Pecinta buku dan penikmat musik mendapat suguhan yang beragam dari panggung literasi maupun musik,” jelasnya.

Bukan hanya penampil yang bertambah, MocoSik #3 kali ini juga tak hanya bicara kelindan buku dengan kultur musik. Tetapi juga kaitan buku dengan film, serta buku dengan seni rupa.

Misalnya, pada hari pertama, Jumat (23/8/2019), Ody Mulya Hidayat (Produser Dilan ) akan berbicara kelindan buku dan film. Lantas, dilanjutkan obrolan dunia buku dan seni rupa. Tak tanggung-tanggung, lima perupa akan diboyong ke MocoSik #3 untuk membincang ilustrasi perbukuan. Kelima perupa itu yakni; Ugo Untoro, Jumaldi Ali, Dipo Andy, Ong Hari Wahyu dan Samuel Indratma. Masih banyak lagi para pembicara dan juga penampil yang akan mewarnai MocoSik 3 ini.


TAGS : Kabar Artis MocoSik Buku




TERPOPULER :