Kamis, 14/11/2019 15:17 WIB

Eksfoliasi untuk Kulit Wajah Anda yang Sensitif

Kulit wajah membutuhkan proses eksfoliasi agar kelembaban tetap terjaga dan bisa membangun sel kulit yang baru.

dr Citra Sudarmono (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Tahukah Anda, eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati pada permukaan wajah, hal ini memiliki fungsi untuk menjaga kebersihan kulit wajah agar tidak terlihat kusam. 

Pada dasarnya, kita dapat melakukan proses ini secara alami setiap 28–30 hari, akan tetapi semakin meningkat usia proses ini akan melambat sehingga membutuhkan waktu lebih lama. 

Nah, agar kulit mati tidak menumpuk, maka diperlukan tambahan, mulai dari wajah, mikrodermabrasi , atau bahan kimia yang terkelupas.

Namun tak asal di-eksfoliasi, Anda juga perlu mencermati ingredient yang ada dalam produk tersebut. "Untuk yang mengandung bahan eksfoliasi, yang kulitnya sensitif itu nggak bisa dipakai setiap hari," tutur dr. Citra Sudarmono ketika ditemui pada acara peluncuran skincare Korea The Plant Base, di Jakarta, Selasa (13/8)

Dipaparkan oleh dr. Citra skincare dengan kandungan eksfoliasi seperti contohnya adalah toner eksfoliasi tak dapat digunakan pada pemilik kulit sensitif setiap hari.

Menurutnya, menggunakan toner eksfoliasi setiap hari dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan juga menimbulkan efek iritasi pada kulit wajah.

"Kulit sensitif memang tricky. Jadi, kalau pakai toner usahakan jangan mengandung seperti BHA dan AHA," lanjutnya.

Menggunakan toner ekfoliasi pada kulit sensitif malah akan membuat kulit menjadi rewel dan bahkan dapat menimbulkan masalah kulit baru yang berkepanjangan.

"Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif biasanya akan cocok dengan kandungan yang lebih lembut dan alami," ucapnya. 

TAGS : Eksfoliasi Kulit Kulit Sensitif




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :