Jum'at, 26/04/2024 04:15 WIB

Flek Hitam pada Ibu Hamil, Tanda Mau Melahirkan?

Flek hitam yang diproduksi oleh ibu hamil harus diketahui jumlah, kondisi keluhan lainnya dan umur kehamilan.

Ilustrasi hamil

Jurnas.com - Keluarnya flek atau bercak darah dari organ intim saat ibu hamil sering kali membuat cemas dan bertanya-tanya, hal ini dikhawatirkan menandakan masalah keuangan oleh sebagian besar ibu hamil.

Bercak atau keluarnya flek hitam yang merupakan pendarahan yang ringan dapat terjadi kapan saja selama hamil dan pada awal kehamilan atau persalinan.

Ibu hamil mencari bercak (keluar flek) pada saat trimester pertama. Anda tidak perlu panik, ini merupakan bagian alami dari kehamilan. Meskipun demikian Anda dapat membedakannya dengan flek yang menandakan kehamilan bermasalah.

Pilihan terbaik tepat dengan memeriksakan ke dokter persediaan untuk dilakukan pemeliharaan yang terbaik untuk kesehatan Anda dan janin.

Flek hitam yang dianggap normal tidak akan berlangsung lama, hanya satu atau dua hari saja. Adapun penyebab keluarnya flek pada saat hamil dipertimbangkan adalah perubahan hormon yang terjadi pada awal kehamilan.

Meskipun flek hitam dinyatakan aman selama kehamilan akan tetapi terjadi pada trimester kedua dengan jumlah yang banyak dan juga dapat terjadi, bisa jadi merupakan awal dari masalah pada organ kewanitaan Anda.

Diantaranya adalah terjadi luka pada leher rahim yang dapat terjadi karena pemeriksaan yang melukai leher rahim, adanya penyakit pada vagina, atau mioma pada rahim.

Sementara beberapa ibu hamil mendapati flek hitam di celana dalam sesuai dengan persalinan (lebih dari usia kehamilan 38 minggu), betulkah tanda lahir akan datang?

Flek hitam yang ditempelkan pada celana ibu hamil jelang persalinan, diawali dengan warna kecoklat-coklatan, kemudiam coklat muda, lalu coklat hingga pergantian warna darah.

Sebenarnya tidak hanya flek hitam (terdiri dari bercak hitam dalam jumlah sedikit) yang dapat dibuat tanda-tanda Anda menggunakan persalinan, berikut tanda-tanda persalinan semakin dekat:

1. Kontraksi

2. Mengeluhkan sakit pada bagian tubuh tertentu

Diantaranya sakit pada panggul dan tulang belakang. Sakit yang dialami ibu hamil disebabkan perpindahan dan pergerakan janin yang dipindahkan tulang. Kemudian hal yang umum terjadi pada ibu hamil dikeluarkan persalinan adalah sakit pada selangkangan.

3. Sering buang air kecil

Ibu hamil yang sering buang air kecil untuk buang air kecil usia 38-42, merupakan tanda persalinan semakin dekat.

4. Keluarnya air ketuban di
trimester akhir kehamilan

Anda memang dituntut untuk jeli, salah satunya keluar dari daerah kewanitaan Anda, sulitkan jumlah dan semakin banyak membasahi pakaian dalam Anda dapat membeli air ketuban yang telah terbukti perlu segera dituju ke tempat bersalin.

5. Rahim terbuka

Selanjutnya tanda dibuka persalinan yang harus dikenali oleh ibu hamil adalah rahim yang dibuka di trimester akhir, ditandai dengan rahim dibuka pada pembukaan pertama hingga dibuka bukaan terpilih sepuluh.

Dengan demikian, bagi calon ibu flek hitam yang kamu alami tidak selamanya sebagai tanda-tanda menerima. Flek hitam yang diproduksi oleh ibu hamil harus diketahui jumlah, kondisi keluhan lainnya dan umur kehamilan. Periksakan pada bidan atau dokter untuk mengetahui penyebab dan cara penanganan yang tepat.

KEYWORD :

Flek Hitam Bercak Hitam Tanda Persalinan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :