Kamis, 17/10/2019 14:38 WIB

Pria, Kenalilah Gejala Kanker Prostat Sejak Awal

Sebagian besar pasien dengan kanker prostat stadium awal tidak menyadari adanya gejala.

Mengenal gejala kanker prostat pada pria (Foto: Thinkstock)

Jakarta, Jurnas.com - Kanker prostat merupakan jenis kanker dengan jumlah angka kejadian terbanyak ke-4 di seluruh dunia, dan kanker prostat menempati urutan ke 2 kanker yang diderita oleh pria di bawah Kanker Paru.

Diperkirakan sebanyak 1,2 juta kasus baru muncul di seluruh dunia dan sebanyak 359.000 kematian disebabkan oleh kanker prostat berdasarkan Global Cancer Statistics 2018.

Di Indonesia sendiri kanker prostat menempati urutan ke-4 dengan jumlah penderita diperkirakan 25.0112 orang. Namun sayangnya, sebagian besar pasien didiagnosis pada stadium lanjut karena deteksi dini kasus kanker prostat belum optimal di Indonesia.

Permasalahan ini terjadi karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang penyakit kanker prostat dan kesadaran akan pentingnya pemeriksaan, terutama pada
populasi risiko tinggi.

Hal tersebut sangat disayangkan, karena jika penyakit tersebut dideteksi pada stadium awal, maka tingkat keberhasilan pengobatan akan lebih tinggi.

Sebagian besar pasien dengan kanker prostat stadium awal tidak menyadari adanya gejala. Gejala terkadang baru dirasakan pasien saat kanker sudah menyebar ke organ lainnya.

Gejala yang dikeluhkan meliputi gangguan berkemih, adanya darah pada urin, pembesaran kelenjar getah bening sekitar prostat, penurunan berat badan dan jika kanker sudah menyebar ke tulang dapat menyebabkan nyeri tulang.

dr. Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, Sp.U(K) Ph.D., Staf Medik Departemen Urologi RSCM FKUI memaparkan deteksi dini merupakan tahap penting untuk memulai tatalaksana sesegera mungkin pada kanker prostat.

"Sebab pasien kanker prostat yang didiagnosis dan ditatalaksana pada stadium dini, memiliki angka harapan hidup selama 10 tahun mencapai di atas 90 persen, dan akan menurun sampai menjadi 50 persen apabila ditemukan pada stadium lanjut," ucapnya.

Dengan tingginya kasus kanker prostat baru yang ditemukan dalam stadium lanjut di Indonesia, maka perlu dilakukan upaya program deteksi dini yang lebih baik dan efisien.

TAGS : Kanker Prostat Gejala Kanker Deteksi Dini




TERPOPULER :