Jum'at, 18/10/2019 13:19 WIB

Bank Qatar Dituduh Terlibat Danai Kelompok Teroris

Bank Doha menjadi pakaian Qatar terbaru yang terlibat dalam pendanaan teroris dan kelompok ekstrimis.

Qatar diboikot sejumlah negara Timur Tengah

Jakarta, Jurnas.com - Sebuah klaim yang dikeluarkan di Pengadilan Tinggi Inggris mengatakan, dana yang ditransfer dari rekening di Bank Doha yang dikendalikan negara Qatar ditransfer ke kelompok-kelompok ekstremis yang melakukan kekejaman di Suriah.

Kasus ini telah dibawa oleh delapan warga Suriah, yang sekarang tinggal di Eropa, yang mengatakan dalam klaim bahwa mereka disiksa dan dipindahkan oleh afiliasi Al Qaeda Jahbat Al Nusra, pemain kunci dalam perang sipil Suriah yang dilengkapi dengan senjata dan sumber daya oleh negara teluk kaya gas.

Dilansir The National, mereka menuduh Bank Doha, yang pemegang saham terbesarnya adalah Qatar Investment Authority, kendaraan kekayaan negara, gagal menghentikan transfer uang kepada ekstrimis oleh dua saudara kaya.

Seorang analis mengkalaim bahwa lembaga Qatar telah mendanai kelompok-kelompok militan di Suriah.

Kedelapan warga Suriah yang terlibat dalam tindakan hukum yang belum pernah terjadi sebelumnya telah diberikan anonimitas setelah mengajukan klaim di Pengadilan Tinggi Inggris yang meminta ganti rugi dari Bank Doha.

Para penggugat mengatakan bahwa mereka terkena cedera fisik dan kejiwaan yang parah oleh para ekstremis, secara paksa dipindahkan dari rumah mereka.

Bank Doha menjadi pakaian Qatar terbaru yang terlibat dalam pendanaan teroris dan kelompok ekstrimis.

Awal pekan ini muncul bank Al Rayan yang dikendalikan oleh pemerintah dan terdaftar di Qatar yang menyediakan layanan perbankan untuk setidaknya 15 kelompok atau badan yang memiliki hubungan dengan ekstremis Islam atau kontroversi lainnya.

Tetapi minggu lalu, dalam sebuah kasus yang dibawa ke divisi Ratu Pengadilan Inggris, perwakilan dari delapan warga Suriah mengatakan dalam klaim mereka bahwa dua saudara kaya, Moutaz dan Ramez al-Khayyat, dibiayai dan dibantu dalam pembiayaan Al Nusra Front, termasuk melalui akun yang dipegang oleh mereka dan entitas yang terkait dengannya di Bank Doha.

Dikatakan uang itu dikirim ke Turki atau Lebanon melalui Bank Doha dan dikirim ke para ekstremis di Suriah. "Sebagai hasil dari tindakan terdakwa, Front Al Nusra mampu menyebabkan kerugian dan kerusakan pada penuntut," kata klaim.

Paul Stott, peneliti di Pusat Radikalisasi dan Terorisme di Henry Jackson Society, mengatakan selalu fantastis bahwa konflik dalam skala perang saudara Suriah tidak akan melihat pemberontak bersenjata didukung oleh pendanaan eksternal.

TAGS : Bank Qatar Konflik Suriah Kelompok Teroris




TERPOPULER :