Senin, 29/04/2024 00:47 WIB

Daftar Pemimpin ISIS dan Al Qaeda yang Tewas di Tangan AS

Daftar Pemimpin ISIS dan Al Qaeda yang Tewas di Tangan AS

Osama bin Laden (Foto: Reuters/Mohsin Raza)

Washington, Jurnas.com - Ayman al-Zawahiri bukan satu-satunya pemimpin kelompok teroris yang tewas di tangan militer Amerika Serikat (AS). Selain dia, AS dalam serangan terencana, telah menewaskan sejumlah pemimpin kelompok ISIS dan Al Qaeda.

Dikutip dari Washington Post pada Selasa (2/8), berikut ini daftar pemimpin ISIS dan Al Qaeda yang tewas dalam serangan militer AS:

1. Maher al-Agal
Pada Juli lalu, Gedung Putih dan militer AS mengumumkan tewasnya tokoh kunci ISIS, Maher al-Agal dalam sebuah serangan pesawat tak berawak AS di barat laut Suriah. Agal merupakan satu dari lima pemimpin teratas ISIS di Irak dan Suriah.

2. Abu Ibrahim al-Hasyimi al-Quraisyi
Presiden AS Joe Biden pada Februari lalu mengumumkan operasi khusus misi kontraterorisme di Suriah, yakni membunuh Abu Ibrahim al-Hasyimi al-Quraisyi, yang merupakan pemimpin kelompok Negara Islam (IS).

Setidaknya, 13 orang tewas dalam serangan itu termasuk enam anak-anak dan empat perempuan. Sementara itu, Biden mengklaim tidak ada pihak yang tewas dari pihak AS.

3. Abu Bakar al-Baghdadi
Pentolan ISIS ini masuk dalam daftar teroris AS. Dia tewas pada 26 Oktober 2019 dalam sebuah operasi militer AS di Suriah, menurut pengumuman Presiden AS saat itu, Donald Trump.

Baghdadi merupakan otak di balik serangan-serangan teroris di seluruh dunia. Sebagai komandan ISIS pada masanya, kelompok garis keras itu dikenal brutal serta kerap melakukan interpretasi ekstrim terhadap teks-teks Islam.

4. Hamzah bin Laden
Dia adalah putra pendiri Al Qaeda, Osama bin Laden. Alih-alih menjadi penerus sang ayah yang tewas sebelumnya, dia terbunuh dalam serangan kontraterorisme AS di Afghanistan pada era Presiden AS Donald Trump.

Trump mengungkapkan, di antara banyak anak Osama, Hamzah bertanggung jawab merencanakan dan menangani berbagai kelompok teroris.

5. Osama bin Laden
Sosok pendiri Al Qaeda ini tewas pada 2011 silam, tentara AS yang diterbangkan dari Afganistan ke Pakistan, berhasil menyerang lokasi tempat tinggal Osama bin Laden. Kematiannya diumumkan oleh Presiden AS Barack Obama.

KEYWORD :

Al Qaeda Militer AS Amerika Serikat Kelompok Teroris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :