Minggu, 15/12/2019 20:50 WIB

Perlukah Ibu Menyusui Konsumsi Susu Segar?

Susu dapat menyumbang kalori tambahan, sehingga ibu menyusui dapat mencukupi kebutuhan kalorinya.

Susu segar

Jakarta, Jurnas.com - Susu mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Beberapa ibu menyusui yang belum mampu mencukupi kebutuhan nutrisinya, mungkin disarankan untuk minum susu.

Ya, susu dapat menyumbang kalori tambahan, sehingga ibu menyusui dapat mencukupi kebutuhan kalorinya. Dalam segelas susu, Anda bisa mendapatkan protein, lemak, kalsium, yodium, zat besi, seng, fosfor, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, asam folat, dan masih banyak lagi.

Terlebih jika ibu menyukai susu segar atau low fat skin, semua kandungan di dalamnya bisa memenuhi kebutuhan ibu menyusui.

Ahli Nutrisi Emilia Achmadi membenarkan hal itu, jika ibu menyusui disarankan untuk penuhi kebutuhan gizi dengan susu segar. Bagi ibu hamil disarankan konsumsi susu sebanyak 2-3 gelas per hari.

Susu adalah makanan yang paling bergizi agar bisa bantu kebutuhan cairan ibu menyusui, sebagai booster dan pengganti nutrisi tanpa harus khawatir naik berat badan," ucapnya usai ditemui di Talkshow Tumbuh Kembang Anak yang digelar Greenfields di Jakarta, Kamis (1/8).

Dalam kondisi seperti ini susu low fat dan skin bisa membantu ibu hamil agar tetap mendapat asupan gizi yang baik utamanya kalsium, tapi berat badan tidak naik.

"Jangan kemudian pakai short cut dengan pakai supplementasi, kalau misal memang tak ada masalah kenapa harus pakai yang alternatif tidak langsung dari sumbernya," lanjutnya.

Pun ketika tidak suka susu skin atau lowfat bisa susu segar yang lebih creamy dan mengurangi asupan lemak dari makanan yang lain.

Sementara itu, Emilia juga tidak menganjurkan minum susu khusus untuk ibu menyusui karena proses dan fortifikasinya panjang sehingga asupan gizi juga tidak utuh lagi dan gula juga masih terasa.

 

TAGS : Susu Segar Manfaat Susu Ibu Menyusui




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :