Sabtu, 24/08/2019 11:16 WIB

Cerita Maudy Ayunda yang Pernah jadi Korban Bullying

Tak jarang Maudy Ayunda menerima komentar atau ‘nyinyiran’ terkait penampilannya di media sosial.

Cerita Maudy Ayunda yang mengalami social beauty bullying (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Bisa dibilang hampir semua orang pernah mengalami yang namanya cyber bullying, bagi yang perempuan pernah mengalami juga social beauty bullying.

Permasalahan social beauty bullying juga kerap dialami oleh bintang film dan penyanyi Maudy Ayunda. Tak jarang Maudy menerima komentar atau
‘nyinyiran’ terkait penampilannya di media sosial.

“Dulu aku berpikir bahwa menerima komentar negatif tentang penampilan di media sosial jadi risiko sebagai public figure. Tapi lama-lama aku semakin menyadari bahwa tidak sepatutnya kita tinggal diam," ucapnya di Jakarta, Senin (29/7).

Maudy mengaku pernah dibully dari kecil seperti misalnya dibilang gigi kelinci, pernah dibilang badan kaya triplek. Risakan itu bagi pemeran Kuggy di Perahu Kertas ini awalnya tidak kepikiran malah jadi kepikiran, lalu ada keraguan di postingan selanjutnya dan hal itu juga kebawa sampai interaksi di sosial media.

"Kalau ada yg komen soal fisik, aku jadi kepikiran/overthingking, bisa bikin sedikit down. Aku sendiri memiliki subjektivitas cantik, aku juga punya value yang bikin aku merasa berharga, tidak tergantung pada opini dan sudut pandang orang lain," ucapnya.

Proses pengembangan diri adalah salah satu tools agar kita punya value dan bargaining position yang bisa membuat kita kembali pada tujuan kita.

Hal itu disadari betul oleh Maudy yang pernah melakukan sedikit observasi di social media, apa yang sering terjadi dari teman-teman, lingkungan sekitar, ada komentar yang seputar fisik dan kecantikan, ada yg mengejek, ada yang cuma komen tapi efeknya bisa bikin insecure dan over thingking.

"Hal itu bikin concern aku karena terjadi antara sesama perempuan, kok bisa kan miris ya harusnya kan kita sesama perempuan mestinya saling mendukung," imbuhnya miris.

Berawal dari keresahan dan pengalaman diri Maudy saat berinteraksi di social media, Maudy pun berkolaborasi dengan LUX, menyuarakan inisiatif #STOPBeautyBullying bagi para perempuan Indonesia.

"Aku berharap melalui inisiatif #STOPBeautyBullying perempuan Indonesia semakin berani untuk menunjukkan bahwa kalau komentar-komentar negatif itu tidak dapat menghalangi kita untuk mengekspresikan kecantikan kita dan kemampuan kita untuk berkarya,” ungkap Maudy.

TAGS : Maudy Ayunda Beauty Bullying




TERPOPULER :