Senin, 19/08/2019 20:52 WIB

Pertumbuhan Ekonomi China Melambat ke Level Terendah

Ekspor China turun 1,3 persen tahun-ke-tahun sementara impor turun 7,3 persen. Ekspor ke Amerika Serikat turun 8,1 persen untuk enam bulan pertama tahun 2019

Salah satu toko di China

Jakarta, Jurnas.com - Pertumbuhan ekonomi di China telah melambat ke level terendah dalam hampir 30 tahun. Data pemerintah menunjukkan produk domestik bruto China tumbuh 6,2 persen untuk kuartal yang berakhir Juni, paling lambat sejak 1992.

Ekspor China turun 1,3 persen tahun-ke-tahun sementara impor turun 7,3 persen. Ekspor ke Amerika Serikat turun 8,1 persen untuk enam bulan pertama tahun 2019, sementara impor anjlok 30 persen.

"Ekonomi Tiongkok masih dalam situasi yang kompleks dan berat," kata Biro Statistik Nasional dalam sebuah pernyataan dilansir UPI.

"Pertumbuhan global melambat dan ketidakpastian eksternal sedang meningkat," tambahnya.

Analis mengaitkan perlambatan tersebut dengan konflik perdagangan antara China dan Amerika Serikat, yang pada tahun kedua. Mereka mengatakan mereka mengharapkan ekonomi China untuk terus melihat tekanan ke bawah pada paruh kedua tahun ini, bahkan setelah dimulainya kembali pembicaraan antara Beijing dan Washington.

Penjualan produk Apple turun 21,5 persen di wilayah China yang lebih besar, penjualan $ 10,2 miliar untuk perusahaan teknologi.

"Ketidakpastian yang disebabkan oleh perang perdagangan AS-China adalah faktor penting," kata ekonom Tom Rafferty.

"Bisnis tetap skeptis bahwa kedua negara akan mencapai kesepakatan perdagangan yang lebih luas dan mengakui bahwa ketegangan perdagangan dapat meningkat lagi," tambahnya.

Lemahnya pertumbuhan kuartal kedua dapat menyebabkan goyangan di seluruh Asia jika perlambatan memicu kekhawatiran ketegangan perdagangan, kata analis Vishnu Varathan dari Mizuho Bank.

TAGS : Ekonomi China Produk Penjualan




TERPOPULER :