Jum'at, 18/10/2019 18:13 WIB

PDIP Tak Masalah Cak Imin Minta 10 Menteri kepada Jokowi

PDI Perjuangan (PDIP) tidak mempersoalkan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang mengusulkan 10 nama calon menteri kepada Presiden Jokowi.

Anggota Komisi III DPR, Arteria Dahlan

Jakarta, Jurnas.com - PDI Perjuangan (PDIP) tidak mempersoalkan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang mengusulkan 10 nama calon menteri kepada Presiden Jokowi.

Politikus PDIP Arteria Dahlan mengatakan, pada prinsipnya Presiden Jokowi menampung seluruh ketum  partai mitra koalisi.

"Kami melihat ya itu kan hanya sebatas usulan,” kata Arteria kepada wartawan, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (3/7).

Kendati demikian, Arteria meyakini semua pihak, termasuk PDIP dan semua partai mitra koalisi pada akhirnya menyerahkan sepenuhnya terkait kebijakan untuk memutuskan postur dan personalia kabinet kepada Jokowi.

"Apalagi PDIP, kami tidak mau menambah beban, menambah pemikiran Pak Jokowi. Karena memang, memilih ini bukan sesuatu hal yang mudah," kata anggota Komisi III DPR itu.

Kata Arteria, sinyal yang sudah disampaikan Jokowi kepada semua terkait persoalan menteri ini harus dihormati. Menurutnya, sinyal itu antara lain menteri harus punya kekuatan eksekutorial, kemampuan manajerial yang baik, dan bisa diambil dari generasi milenial.

“Nah, ini semua menjadi panduan kami karena Pak Jokowi tegas mengatakan jangan dikotomikan lagi yang namanya politisi dan non-politisi dan profesional. Semua  serahkan kepada Pak Jokowi untuk melakukan penilaian itu," jelasnya.

Arteria yakin bahwa apa yang disampaikan Muhaimin itu hanya sekadar usulan. Dia menegaskan, apa pun yang akan diputuskan oleh Jokowi tentu akan semua akan menghormati dalam suatu kesepakatan besar koalisi.

TAGS : Presiden Jokowi Menteri Cak Imin




TERPOPULER :