Selasa, 24/09/2019 00:37 WIB

Italia Hancurkan Sisa-sisa Jembatan Runtuh di Genoa

Prosedur pencabutan dimulai beberapa hari setelah jembatan runtuh, tetapi partai-partai koalisi sekarang terpecah.

Jembatan runtuh Italia

Jakarta, Jurnas.com - Enam detik ledakan menghapuskan sisa-sisa jembatan yang runtuh di kota Genoa, Italia utara, membuka jalan bagi struktur baru untuk menggantikan jembatan tua yang memberi jalan tahun lalu, menewaskan 43 orang.

Bahan peledak merobohkan dua menara jembatan Morandi ketika meriam menembakkan air di atas 20.000 meter kubik baja dan beton untuk mencegah awan debu besar melanda kota.

Jembatan itu runtuh pada 14 Agustus dalam hujan lebat, mengirimkan puluhan kendaraan jatuh 50 meter ke tanah di bawahnya.

Keruntuhan itu membuat akses ke pelabuhan Genoa yang sibuk menjadi lebih sulit dan juga berarti jalan memutar yang panjang bagi pengemudi yang ingin melanjutkan perjalanan ke Prancis selatan.

Pemimpin 5-bintang Luigi Di Maio dan ketua Liga Matteo Salvini, keduanya wakil perdana menteri, menghadiri pembongkaran, setelah Menteri Infrastruktur Danilo Toninelli meletakkan batu pertama dari jembatan baru awal pekan ini.

"Hari ini tidak hanya jembatan lama runtuh, tetapi jembatan baru mulai muncul," kata Salvini dilansir The National.

Rekonstruksi ditugaskan di perusahaan Italia Salini Impregilo dan Fincantieri. Didesain oleh arsitek terkenal kelahiran Genoa, Renzo Piano, jembatan baru itu rencananya akan diresmikan pada pertengahan tahun depan.

Masih belum jelas apakah pemerintah akan menepati janjinya untuk mencabut konsesi operator jalan tol Autostrade per l`Italia, unit kelompok infrastruktur Atlantia yang bertanggung jawab atas pemeliharaan jembatan.

Roma menuduh operator itu mengalami kegagalan serius dalam pemeliharaan jembatan itu. Autostrade membantah melakukan kesalahan, dengan mengatakan inspeksi reguler yang diawasi negara mengindikasikan bahwa jembatan penuaan itu aman.

Prosedur pencabutan dimulai beberapa hari setelah jembatan runtuh, tetapi partai-partai koalisi sekarang terpecah.

Salvini pada hari Jumat menyuarakan dukungan untuk Atlantia sebagai sebuah perusahaan "yang mempekerjakan ribuan orang, terdaftar di bursa saham dan memiliki omset puluhan miliar euro".

"Saya ingin sangat berhati-hati sebelum memberikan penilaian singkat," katanya kepada surat kabar harian La Stampa .

Komentarnya mengikuti kritik terhadap perusahaan pada hari Kamis oleh Tuan Di Maio, yang berjanji untuk mencabut konsesi Atlantia, mengatakan perusahaan itu akan kehilangan nilai pasar dan akan "dimasak" sebagai hasilnya.

Mr Di Maio menuduh Atlantia melakukan perawatan yang buruk, yang ditolak oleh perusahaan. Pejabat tinggi Atlantia dan pengawas keselamatan transportasi pemerintah sedang diselidiki oleh jaksa penuntut yang menyelidiki penyebab keruntuhan itu.

Saham Atlantia turun sekitar 1,5 persen pada awal perdagangan, dengan investor mengandalkan Liga untuk memblokir upaya 5-Star untuk mencabut konsesi, senilai 58 persen dari pendapatan kelompok.

TAGS : Jembatan Italia Genoa




TERPOPULER :