Sabtu, 17/08/2019 20:42 WIB

Jangan Abaikan Deteksi Dini Anak Sejak Dilahirkan

Dear Parents, apakah Anda sudah menerapkan deteksi dini saat bayi Anda batu dilahirkan? Jangan diabaikan ya.

dr. Lucia Nauli Simbolon, Sp.A (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Tahukan Anda, masa tumbuh kembang anak adalah saat yang penting sekaligus berisiko bagi kehidupan anak.

Jadi, penting bagi orang tua untuk memperhatikan semua aspek yang berpengaruh dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Seperti yang diungkapkan Spesialis Anak dr Lucia Nauli Simbolon, menurutnya pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua hal yang berbeda. Namun, keduanya saling berkaitan dan berpengaruh.

Lucia mengungkapkan, Pertumbuhan (growth) berkaitan dengan perubahan ukuran, besar, jumlah, atau dimensi pada tingkat sel, organ atau individu. Sementara perkembangan (development) merupakan pertambahan kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang biasanya lebih kompleks.

"Perkembangan masa awal meliputi beberapa aspek kemampuan fungsional, yaitu kognitif, motorik, emosi, sosial, dan bahasa," ucapnya usia ditemui di acara launching buku Parenting dan Kehamilan Tanpa Galau di Jakarta, Rabu (26/6).

Lucia pun menegaskan betapa pentingnya deteksi dini sejak bayi baru lahir agar kita tahu apa yang terjadi pada kesehatan dan tumbangnya.

"Makanya penting banget kontrol saat vaksin di usia seminggu, di cek lagi, BB dan nafasnya. Lalu di satu bulan vaksin lagu BCG cek lagi tumbang dan Motorik. Sampai di anak usia 6 bulan vaksin di cek lagi apakah anak sudah siap untuk MPASI, apakah kepala sudah bisa tegak untuk bisa makan dengan baik misalnya. Terus deteksi per tiga bulan sekali di atas enam bulan," paparnya.

TAGS : Deteksi Dini Perkembangan Anak




TERPOPULER :