Selasa, 20/08/2019 04:36 WIB

Bebas dari Galau Jadi Orang Tua Masa Kini

Semakin banyak informasi seputar kehamilan dan pengasuhan anak, tak jarang membuat orang tua baru bingung mana yang harus diterapkan.

Sandra Dewi berbagi cerita kehamilannya dan saat menjadi orang tua (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Kehamilan merupakan momen yang ditunggu-tunggu dan menjadi pengalaman tidak terlupakan bagi semua perempuan, khususnya kehamilan pertama.

Setelah melewati kehamilan, para ibu pun akan dihadapkan pada masa pengasuhan bayi yang tidak kalah menantang, setidaknya hingga anak berusia 2 tahun.

Meskipun saat ini sudah banyak informasi kehamilan yang bisa didapatkan dengan mudah, hal ini tidak selalu membantu. Justru dengan semakin banyaknya informasi seputar kehamilan dan pengasuhan anak, lengkap dengan berbagai teorinya, tak jarang membuat calon orang tua dan orang tua baru bingung mana yang harus diterapkan.

Dr. Ardiansyah Dara, Sp.OG., M.Kes., menjelaskan, Banyak informasi yang selama ini membuat galau para perempuan seputar kehamilan mereka.

"Tidak hanya tentang pengetahuan dasar kehamilan seperti kebutuhan nutrisi dan tumbuh kembang janin, namun banyaknya mitos seputar kehamilan pun sering menjadi sumber kegalauan para calon ibu," ujar Dr Dara.

Hal yang sama pun dialami ibu yang baru melahirkan. Merawat bayi baru lahir, memang cukup menantang bagi orang tua baru. Di minggu pertama setelah dilahirkan, misalnya, bayi masih sangat sensitif dan rentan dengan paparan lingkungan baru di sekitarnya.

"Akhirnya orang tua menjadi ragu-ragu bagaimana merawat bayi baru lahir dan serba ketakutan akan terjadi kesalahan. Padahal dengan pemahaman yang cukup, para ibu dan ayah seharusnya bisa merawat bayi baru lahir dengan aman," jelas dr. Lucia Nauli Simbolon, Sp.A

Aplikasi Teman Bumil, salah satu aplikasi kehamilan dan parenting terbesar di Indonesia, ingin mempermudah orang tua mendapatkan informasi yang lengkap dan terpercaya dengan meluncurkan buku seputar kehamilan dan pengasuhan anak.

"Setelah peluncuran aplikasi Teman Bumil yang sudah diunduh lebih dari 500.000 ibu Indonesia, Kami ingin memberikan kontribusi lebih, dengan menerbitkan dua buku tentang kehamilan dan parenting, sebagai alternatif sumber informasi yang tepercaya yang bisa dengan mudah dibagikan dengan suami ataupun orang tua," jelas Tiffany Robyn Soetikno, sCo-Founder Teman Bumil dalam peluncuran buku Kehamilan Tanpa Galau dan Parenting Tanpa Galau di Jakarta, Rabu (26/6).

TAGS : Informasi Kehamilan Pengasuhan Anak




TERPOPULER :