Kamis, 17/10/2019 14:38 WIB

Lima Sayuran Ini Jangan Dilewatkan untuk Diet

Tak hanya mengandung serat yang baik untuk tubuh Anda, sayuran juga membuat perut kamu terasa kenyang lebih lama.

Pastikan memilih sayur sebagai menu diet (oto: Shutterstock)

Jurnas.com - Siapa yang tak ingin punya tubuh yang sehat dengan bentuk yang ideal? Olahraga untuk menurunkan berat badan atau membentuk badan sudah dilakukan.

Berarti yang sekarang harus kamu lakukan adalah mengatur asupan makanan supaya tetap sehat, yaitu dengan mengkonsumsi buah dan sayuran untuk diet sehat.

Pola makan yang baik sangat menentukan hasil dari diet yang kamu lakukan. Asupan gizi yang cukup dapat mencegah badan kamu malnutrisi ketika diet.

Sayuran untuk diet apa sih yang dianjurkan dikonsumsi ketika diet? Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah 5 jenis sayuran yang baik untuk diet kamu:

1. Selada

Selada merupakan sayuran yang rendah kalori dan rendah karbohidrat, sangat cocok untuk dijadikan sayuran untuk diet. Selain itu, selada kaya akan nutrisi seperti kalium, kalsium, folat, zat besi, serat, dan vitamin.

Makan selada dapat menjaga kesehatan jantung karena memiliki nutrisi seperti kalium yang mencegah kenaikan tekanan darah. Selain itu kandungan folat di dalamnya juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Brokoli

Alasan kenapa brokoli menjadi sayuran yang baik untuk diet adalah karena mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama. Brokoli sering dikomsumsi orang yang diet rendah karbohidat karena mengandung karbohidrat kompleks. Jadi sangat cocok dikonsumsi orang yang tidak atau sedikit makan nasi namun tetap ingin mendapatkan nutrisi yang diperlukan.

3. Bayam

Bayam adalah sayuran yang mengandung zat besi yang tinggi. Sayur bayam sangat disarankan bagi penderita anemia atau darah rendah untuk mengonsumsinya sebagai sayuran penambah darah.

Sayur bayam juga mengandung berbagai macam mineral, vitamin, serat, dan antioksidan yang tinggi. Kandungan vitamin A dan K di dalam bayam mampu meningkatkan proses metabolisme dengan melancarkan proses peredaran darah di dalam tubuh.

4. Sawi Putih

Sawi putih atau sering dikenal sebagai sawi cina merupakan salah satu jenis sayuran yang bagus untuk diet. Sawi putih mengandung kalsium, kalium, magnesium, dan kaya akan vitamin K, vitamin A, dan vitamin C. Selain itu, sawi putih juga mengandung zat anti oksidan dan anti inflamasi yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Anti inflamasinya juga dapat tubuh terhadap peradangan, sehingga dapat mencegah penyakit seperti arthritis.

5. Rumput Laut

Rumput laut, terutama jenis kelp merupakan sumber terbaik untuk yodium yang baik dikonsumsi untuk penderita hipotiroid. Rumput laut mengandung kalsium, omega-3 asam lemak, berbagai macam vitamin (vitamin A, B12, B6, C, dan K) dan mineral lainnya.

Rumput laut juga merupakan sayuran yang mengandung zat besi, selain itu rendah kalori dan memiliki serat yang tinggi sehingga bagus untuk dijadikan sebagai sayuran untuk diet.

TAGS : Diet Sayuran Pola Makan




TERPOPULER :