Rabu, 26/06/2019 14:46 WIB

Mengenal Sosok Wagub Lampung Chusnunia Chalim

Wakil Gubernur Lampung terpilih Chusnunia Calim yang resmi dilantik hari ini dikenal memiliki karakter yang humoris. 

Wakil gubernur Lampung bersama suami tercinta ( Foto: Instagram)

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim masing-masing sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung masa jabatan 2019-2024, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/6) siang.

Sebelum menjadi Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia atau yang karib dipanggil Nunik menjabat sebagai Bupati Lampung Timur. Perempuan 37 tahun ini juga sosok perempuan pendobrak pertama yang menjadi pemimpin di Pulau Sumatera.

Istri dari Erry Ayudiansyah ini tidak begitu saja menjabat sebagai calon wakil gubernur. Dia berjuang keras meraihnya dari bawah. Perempuan yang besar dari Lampung Timur itu cukup melesat karier politiknya.

Perempuan kelahiran Lampung Timur, 12 juli 1982 ini putri pertama dari tiga bersaudara pasangan Bpk Kyai Hi. Abdul Halim dan Ibu Kholisoh.

Nunik sekolah di SDN 2 Sumberrejo (1995), SLTPN 3 Jabung (1998). Tamat SLTP, Nunik ke SMUN I Mayong Jepara, Jawa Tengah (2001), kuliah di Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Wali Songo (2005), S-2 di Ilmu Politik Universitas Nasional (2011), dan S-2 di Universitas Indonesia (UI), S-3 di Universitas Malaya, Kuala Lumpur.

Nunik sudah tertarik akan isu-isu politik sejak bekerja menjadi sekretaris di Divisi Redaksi Jurnal Justisia di Semarang tahun 2001-2002. Tahun 2004, Nunik jadi kepala Divisi Eksternal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Jawa Tengah.

Tahun 2004, Chusnunia bergabung dengan kader sekaligus staf dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah dan dipercaya menjadi Kepala Administrasi dan Keuangan dari Fraksi PKB di DPRD Provinsi Jawa Tengah tahun 2004-2005. Dia kemudian mengatur untuk menjadi staf kepengurusan DPP PKB di Jakarta pada tahun 2005-2008.

Nunik juga dikenal humoris dan ramah jika kita melihat interaksi Nunik melalui akun instagramnya. Nunik yang baru menikah empat bulan lalu ini kerap menuliskan caption yang humoris dan gambar yang humanis.

TAGS : Wagub Lampung Chusnunia Chalim




TERPOPULER :