Sabtu, 20/04/2024 02:30 WIB

Lima Makanan yang Perlu Anda Konsumsi Usai Lebaran

Setelah libur Lebaran kita mengonsumsi makanan lemak dan manis, yuk mulai kita ubah pola makan kembali sehat.

Buah-buahan (Foto: thestar)

Jurnas.com - Makanan Lebaran memang selalu jadi andalan, tapi terlalu banyak makanan manis dan berlemak bisa membuat badan terasa berat. Nah untuk mengimbanginya, Anda disarankan jangan malas mengonsumsi buah dan sayur.

Efeknya juga pada kondisi pencernaan kerap mengalami masalah karena kita sering sekali makan sesuatu yang berlemak dan juga pedas. Terakhir, masalah yang selalu muncul pasca Lebaran adalah berat badan yang naik dan lapisan lemak yang meningkat.

Supaya tubuh kembali sehat seperti sebelum puasa dan Lebaran, mulailah untuk mengonsumsi beberapa makanan sehat di bawah ini seperti yang dikutip dari Dokter Sehat.

1. Buah-buahan

Buah yang cocok untuk mengembalikan keadaan tubuh dan membantu pembuangan racun adalah apel. Buah ini bisa dimakan langsung atau dibuat menjadi jus.

Makan apel saat siang hari atau saat mengganjal perut.

Oh, ya, sebisa mungkin memilih apel yang agak asam atau yang kulitnya hijau. Apel jenis ini lebih banyak vitamin C dan kandungan gulanya tidak terlalu banyak.

2. Sayuran hijau

Supaya kondisi tubuh kembali normal seperti biasanya, konsumsilah makanan sehat berupa sayuran hijau atau sayuran lain dalam jumlah banyak. Anda boleh tidak makan nasi dan hanya makan sayur saja hingga kenyang untuk membantu tubuh memperbaiki kondisinya dan pengeluaran racun di saluran pencernaan berjalan lancar.

3. Yogurt

Kalau Anda ingin memiliki lambung yang lebih sehat dari biasanya dan gangguan makan dan BAB tidak terjadi, coba konsumsi yogurt. Anda bisa mengonsumsi minuman sehat ini langsung dalam keadaan asam atau mencampurnya dengan buah-buahan menjadi semacam smoothies.

4. Coba nasi merah

Anda bisa mengonsumsi nasi merah yang baik untuk pencenaan. Nasi merah merupakan makanan  sehat yang akan memberikan perasaan kenyang lebih lama dan mudah dicerna oleh lambung. Anda yang ingin diet setelah Lebaran, nasi merah adalah pilihan yang tepat.

Anda bisa mendapatkan tubuh yang lebih sehat setelah seminggu mengonsumsinya.

5. Air putih yang cukup

Dianjurkan minimal dalam satu hari harus habis sebanyak 2 liter air atau 8 gelas. Dengan minum air yang banyak, sisa kotoran yang ada di dalam saluran pencernaan akan larut dan kondisi tubuh kembali segar seperti sedia kala.

KEYWORD :

Makanan Sehat Makanan Lebaran Lemak Kolesterol




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :