Minggu, 16/06/2019 22:17 WIB

Level CO2 Tertinggi dalam Sejarah Manusia Tercatat di Hawaii

Tingkat CO2 biasanya memuncak di Mauna Loa sekitar tahun ini, tetapi tingkat karbon dioksida telah meningkat secara konsisten selama beberapa dekade terakhir. 

Tingkat karbon dioksida mencapai titik tertinggi baru selama Mei 2019, menurut pengukuran yang dicatat di Observatorium Mauna Loa NOAA di Hawaii. Foto oleh EPA-EFE / RYAN TONG

Jakarta, Jurnas.com - Tingkat konsentrasi karbon dioksida tertinggi dalam sejarah manusia telah dicatat di Observatorium Mauna Loa di Hawaii.

Dilansir UPI, selama bulan Mei, level CO2 rata-rata 414,8 bagian per juta level tidak ada di Bumi dalam jutaan tahun silam.

Tingkat CO2 biasanya memuncak di Mauna Loa sekitar tahun ini, tetapi tingkat karbon dioksida telah meningkat secara konsisten selama beberapa dekade terakhir.

Puncak tahun ini adalah 3,5 bagian per juta lebih tinggi dari puncak tahun lalu 411,3 bagian per juta. Para ilmuwan iklim sepakat bahwa peningkatan CO2 di atmosfer, akibat pembakaran minyak, gas, dan bahan bakar fosil lainnya, merupakan penyebab meningkatnya suhu global.

"Banyak proposal telah dibuat untuk mengurangi pemanasan global, tetapi tanpa penurunan cepat emisi CO2 dari bahan bakar fosil, itu sangat sia-sia," ujar Pieter Tans, ilmuwan senior dari divisi pemantauan global NOAA.

Karbon dioksida adalah gas rumah kaca yang paling berlimpah, tetapi kadar gas-gas lain yang menghangatkan planet seperti metana juga meningkat. NOAA melacak banyak dari mereka.

Awal tahun ini, NOAA mengumumkan bahwa Indeks Gas Rumah Kaca Tahunan - ukuran emisi gas rumah kaca dan dampaknya terhadap kapasitas perangkap panas atmosfer - naik ke nilai 1,43.

"Polusi gas rumah kaca memerangkap panas di atmosfer, yang memiliki konsekuensi," kata James Butler, direktur Divisi Pemantauan Global NOAA.

"Tidak ada jalan keluarnya membakar bahan bakar fosil mengubah arah masa depan planet kita. Bagaimana masyarakat berurusan dengan itu akan menjadi tantangan besar dalam beberapa dekade mendatang," tambahnya.

Badan ini juga mengumumkan bahwa tingkat CO2 meningkat pada tingkat rekor pada 2018, menggemakan temuan penelitian lain yang menunjukkan emisi karbon meningkat di seluruh dunia setelah beberapa tahun pertumbuhan minimal.

TAGS : Karbondioksida Rumah Kaca Hawaii




TERPOPULER :