Rabu, 24/04/2024 19:57 WIB

Mengejutkan, Perilaku Homoseksual Dua Paus Bungkuk Jantan Ditemukan di Hawaii

Mengejutkan, Perilaku Homoseksual Dua Paus Bungkuk Jantan Ditemukan di Hawaii

Mengejutkan, Perilaku Homoseksual Dua Paus Bungkuk Jantan Ditemukan di Hawaii. (FOTO:LYLE KRANNICHFELD/BRANDI ROMANO/PWF/SWNS)

JAKARTA - Dua paus bungkuk difoto sedang berhubungan seks untuk pertama kalinya dalam sejarah spesies mereka – dan kedua pasangannya adalah jantan!

Kantor berita Inggris SWNS Media Group membagikan berita tentang penemuan mengejutkan tersebut, yang pertama kali dilaporkan dalam sebuah studi baru oleh seorang peneliti di Pacific Whale Foundation (PWF) pada hari Selasa (27/2/2/2024).

National Geographic, Live Science dan The Guardian juga melaporkan temuan penelitian ini.

Dua paus bungkuk tersebut terlihat bersanggama oleh fotografer Lyle Krannichfeld dan Brandi Romano pada 19 Januari 2022.

Pasangan tersebut mendokumentasikan pertemuan tersebut dari jarak yang aman saat berada di perahu di lepas pantai Pulau Maui, Hawaii.

Saat kedua laki-laki tersebut mendekati perahu mereka, para fotografer melihat salah satu dari mereka "tampak kurus dan dipenuhi kutu ikan paus," yang menarik perhatian mereka karena itu adalah tanda kesehatan yang buruk, kata laporan SWNS.

Paus kedua yang lebih sehat terus mendekati paus pertama dan “menggunakan sirip dada untuk menahan paus yang terluka di tempatnya, dan memulai penetrasi yang dangkal dan singkat,” kata laporan itu.

Hewan-hewan tersebut perlahan-lahan mengitari perahu beberapa kali, sehingga memungkinkan pengambilan foto sementara Krannichfeld dan Romano tetap berada dalam jarak yang aman dari paus.

Di Hawaii dilarang berenang bersama atau mendekati paus bungkuk dalam jarak 100 meter.

Para fotografer mengenang pertemuan mereka dengan Stephanie Stack, seorang peneliti paus dan penulis utama makalah hari Selasa (27/2/2024) di Marine Animal Science.

"Apa yang mereka temukan adalah pengamatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Foto-foto inovatif yang diambil oleh Krannichfeld dan Romano memberikan gambaran sekilas yang tak tertandingi tentang kehidupan pribadi mamalia laut yang agung ini," kata PWF dalam sebuah pernyataan tentang foto-foto Krannichfeld dan Romano.

Organisasi tersebut melanjutkan: "Kesenjangan kesehatan antara kedua paus menambah kompleksitas pengamatan unik ini. Kondisi buruk salah satu paus, kemungkinan disebabkan oleh tabrakan kapal, mungkin berkontribusi terhadap perilaku yang diamati," dan mencatat bahwa ini adalah pertama kalinya perilaku homoseksual telah didokumentasikan pada paus bungkuk, meskipun hal ini umum terjadi pada cetacea. (*)

KEYWORD :

paus bungkuk homoseksual Hawaii jantan berhubungan seks




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :