Selasa, 22/10/2019 16:02 WIB

Pantau Arus Mudik, Menhub Video Conference dengan Sejumlah Posko Angkutan Lebaran

KSOP Balikpapan berhasil menyiapkan saru unit kapal penyeberangan tambahan dari ASDP.

Menhub Budi Karya Sumadi melakukan video conference dengan sejumlah Posko Angkutan Lebaran 1440 H/2019 di daerah, Senin (3/6/2019).

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan video conference untuk memantau arus mudik Lebaran 1440 H/2019 dari sejumlah Posko Angkutan Lebaran di berbagai wilayah tanah air, di Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Senin (3/6/2019).

Turut hadir dalam acara ini Direktur Sarana Transportasi Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Sigit Irfansyah dan Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Kemenhub Baitul Ihwan.

Video Conference pertama Budi Karya melakukan komunikasi dengan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Sugihardjo yang sedang melakukan pemantauan arus mudik di kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Balikpapan.

Didampingi Kepala KSOP Balikpapan Capt. Jhonny Silalahi, Sugihardjo melaporkan kondisi terbaru arus mudik di pelabuhan tersebut yang menyiapkan satu kapal tambahan di Pelabuhan Semayang untuk penyeberangan ke Mamuju yang peminatnya cukup melonjak.

"Menyiasati tingginya permintaan masyarakat yang mau mudik ke Mamuju, KSOP Balikpapan berhasil menyiapkan saru unit kapal penyeberangan tambahan dari ASDP. Insya Allah besok pagi semua penumpang bisa terangkut," ujar Sugihardjo.

Menanggapi laporan tersebut, Budi Karya meminta petugas KSOP Balikpapan untuk melakukan koordinasi lebih lanjut, utamanya dengan pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

"Tolong dikoordinasikan. Kalo memang besok (diberangkatkan) tolong dikoordinasikan penginapan dan makan. Saya sudah telepon Gubernur untuk dimintakan bantuannya," balas Budi.

Selesai dengan KSOP Balikpapan, Budi Karya video conference dengan Direktur Jendral Perhubungan Darat, Budi Setiyadi yang melaporkan kondisi arus lalu lintas di jalan non tol Pantura.

Berdasarkan pengamatan dan data yang ada, Budi melaporkan bahwa pemudik yang menggunakan sepeda motor mulai berkurang. "Para pemudik motor juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah menyediakan reat area di wilayah Losarang.

Budi Karya juga melakukan video conference dengan sejumlah posko angkutan lebaran lainnya, termasuk posko di Terminal Tirtonadi, Solo, dan sejumlah posko angkutan udara di beberapa bandara seperti Bandara Ngurah Rai, Bali, Bandara Adisucipto, dan Bandara Yogyakarta International Airport di Kulonprogo.

TAGS : Video Conference Menhub Budi Karya KSOP Balikpapan




TERPOPULER :