Jum'at, 19/04/2024 07:18 WIB

Arus Mudik, Harga Tiket Pesawat Disebut Masih Normal

Harga tiket pesawat selama arus mudik Lebaran 2023 masih dalam batas wajar

Penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, harga tiket pesawat selama arus mudik Lebaran 2023 masih dalam batas wajar dan tidak melebihi tarif batas atas yang telah ditentukan.

"Terima kasih kepada pengelola bandara yang telah mengelola lonjakan penumpang pesawat dengan baik dan juga maskapai penerbangan yang telah kooperatif menjaga tarif sesuai anjuran pemerintah," kata Menhub Budi Karya di Jakarta, Selasa (25/4/2023).

Hal itu dikatakannya saat meninjau penanganan penumpang pesawat pada arus balik di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada H+2 Lebaran 2023.

Menhub menjelaskan kebijakan pada arus mudik Lebaran 2023 membuat pelaksanaan arus mudik dapat berjalan relatif lancar, salah satunya disetujuinya kebijakan memajukan libur cuti bersama sehingga waktu arus mudik menjadi lebih panjang.

"Jadi, meski lonjakan penumpang tinggi dengan tingkat okupansi 90 persen lebih bisa tertangani dengan baik. On time performance (OTP) atau ketepatan waktu juga terjaga dengan baik," ucap Menhub.

Ia pun mengungkapkan jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta pada masa arus mudik Lebaran 2023 meningkat cukup signifikan, yaitu 25 persen dibandingkan pada 2022.

Terkait hal tersebut, ia mengatakan peningkatan pergerakan penumpang dan pesawat pada arus mudik Lebaran 2023 menjadi kabar baik bagi kebangkitan industri penerbangan nasional setelah sempat terdampak pandemi COVID-19.

"Walaupun belum sama dengan tahun 2019 tetapi secara ekonomi sudah terjadi pergerakan yang memberikan manfaat bagi operator bandara dan maskapai. Ini berita baik buat kita," tuturnya.

KEYWORD :

Arus mudik harga tiket pesawat Lebaran 2023 Menhub Budi Karya




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :