Kamis, 18/07/2019 22:53 WIB

Menteri PPPA: Lelaki, Jaga Perempuan saat Mudik!

Yohana Yembise mengimbau kepada kaum laki-laki, agar menjaga perempuan dari segala bentuk kekerasan fisik dan pelecehan seksual.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise mengimbau kepada kaum laki-laki, agar menjaga perempuan dari segala bentuk kekerasan fisik dan pelecehan seksual.

Imbauan ini disampaikan saat menteri yang akrab dipanggil Mama Yo itu meninjau mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

"Saya berpesan kepada kaum laki-laki untuk menjaga perempuan dalam situasi mudik, agar bebas dan segala bentuk kekerasan fisik, psikis, dan seksual," kata Menteri PPPA dalam keterangannya pada Sabtu (1/6) di Jakarta.

Selain itu, Mama Yo juga berpesan agar orang tua memperhatikan hak anak saat mudik. Dia mengingatkan supaya anak tidak dibiarkan berkeliaran tanpa pengawasan.

"Pastikan anak menikmati perjalanan dengan rasa aman dan nyaman, pantau kesehatan mereka. Pastikan juga anak kembali ke tempat asal untuk kembali bersekolah dengan bahagia," ujar dia.

Dijelaskan oleh Kepala PT KAI Daop I Jakarta, Dadan Rudiasyah, pihaknya telah meningkatkan fasilitas stasiun dan kereta api, utamanya bagi anak, perempuan dan disabilitas.

Tidak cuma menambah jumlah tempat duduk yang representatif di ruang tunggu penumpang, PT KAI juga menyediakan ruang menyusui, ruang medis, dan ruang bermain anak.

"Hal ini merupakan salah satu bentuk hak perempuan yang harus diperhatikan dan dipenuhi," tandas Menteri PPPA.

TAGS : Info Mudik Menteri PPPA Yohana Yembise




TERPOPULER :