Minggu, 15/12/2019 14:15 WIB

Kisah Orang Ahli Ibadah Masuk Neraka

Hadist itu menceritakan, kisah dua orang bersaudara dari Bani Israil. Yang satunya sering berbuat dosa, satu lagi dikenal sangat taat beribadah.

Ilustrasi siksaan api neraka

Jakarta, Jurnas.com - Semua orang pasti ingin usai hidupnya masuk surga. Maka berbondong-bondong, mahluk ciptaan Allah SWT melakukan perbuatan baik dan beribadah dengan tekun. Namun ada kisah yang diriwayatkan Abu Dawud dan Ahmad, ada ahli ibadah justru masuk neraka. Kok Bisa?

Hadist itu menceritakan, kisah dua orang bersaudara dari Bani Israil. Yang satunya sering berbuat dosa, satu lagi dikenal sangat taat beribadah.

Yang berbuat dosa mengabaikan saudaranya yang beribadah. Dan yang beribadah kerap melihat saudaranya melakukan dosa. Karena tak tahan melihat kelakuan saudaranya, yang beribadah itu menegurnya. "Berhentilah," tuturnya.

Teguran itu diabaikan oleh si pendosa. Geram, si peribadah itu menegur kembali agar berhenti. Si pendosa menjawabnya," "Tinggalkan aku bersama Tuhanku. Apakah kau diutus untuk mengawasiku?"

Saudaranya yang ahli ibadah membalasnya. "Demi Allah, Allah tidak akan mengampunimu. Allah tidak akan memasukkanmu ke surga."

Saat keduanya meninggal dunia dan keduanya dihadapkan kepada Allah SWT. Kepada yang sungguh-sungguh beribadah, Allah mengatakan, "Apakah kau telah mengetahui tentang-Ku? Apakah kau sudah memiliki kemampuan atas apa yang ada dalam genggaman-Ku?"

Namun kisah itu malah berbalik. Allah SWA justru mengatakan kepada si Pendosa, "pergi dan masuklah ke surga dengan rahmat-Ku,"nya.  kata Allah kepada si pendosa.

Justru yang ahli ibadah, Allah SWT mengatakan, "(Wahai malaikat) giringlah ia menuju neraka."

Dengan kisah ini, tersirat pesan untuk tidak merasa paling benar dalam  hal-hal yang sesungguhnya menjadi hak prerogatif Allah SWT. Tentu beribadah dan meyakini kebenaran adalah hal yang utama. Tapi menjadi keliru tatkala sikap tersebut dihinggapi takabur dengan menghakimi pihak lain.

Islam menekankan umatnya muhasabah atau koreksi diri sendiri daripada mencari kesalahan pribadi orang lain yang belum tentu lebih buruk di hadapan Tuhan.

TAGS : Hikmah Ramadan Pintu Neraka Ahli Ibadah




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :