Sabtu, 20/04/2024 04:56 WIB

Daerah Pelosok Jadi Fokus IZI Salurkan Paket Ramadan

Lembaga Amil Zakat Nasional Inisiatif Zakat Indonesia (Laznas IZI) menjadikan momen Ramadan 1440 H untuk terus membantu masyarakat kecil hingga ke daerah pelosok. 

Direktur Utama Laznas IZI, Wildan Dewayana saat menyampaikan mengenai program ekspedisi Ramadan yang menyisir daerah-daerah pelosok dalam acara konferensi pers di Jakarta, Selasa (14/05)

Jakarta, Jurnas.com - Lembaga Amil Zakat Nasional Inisiatif Zakat Indonesia (Laznas IZI) menjadikan momen Ramadan 1440 H untuk terus membantu masyarakat kecil hingga ke daerah pelosok. 

Melalui program ekspedisi Ramadan yang menyisir daerah-daerah pelosok, IZI menyalurkan paket Ramadan berupa bantuan sembako untuk dapat dinikmati orang-orang yang membutuhkan.  

Direktur Utama IZI, Wildan Dewayana menilai program ekspedisi tersebut merupakan suatu langkah yang dilakukan pihak IZI untuk membantu mustahik, khususnya yang berada di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar), di 10 titik wilayah pelosok tersebar di Indonesia serta wilayah Jabodetabek, seperti Muara Gembong, Babelan, Bekasi Jawa Barat, serta Petir, Serang Banten.

"Ekspedisi Ramadan merupakan rangkaian kegiatan dari program Booking Berkah Ramadan. Program Booking Berkah Ramadan sendiri merupakan program utama IZI di bulan suci Ramadan," kata Wildan dalam acara konferensi pers di Jakarta, Selasa (14/05).

Menurut Wildan, Laznas IZI sudah mulai mendistribusikan Paket Ramadan kc 10 wilayah 3T yang telah dipilih IZI. 10 wilayah 3T tersebut yaitu, Sambas (Kalimantan Barat), Singkawang (Kalimantan Barat), Rote Ndao CNTT), Jeneponto (Sulawesi Selatan), Seluma (Bengkulu), Sorong (Papua Barat), Sebatik Nunukan (Kalimantan Utara), Pulau Seram (Maluku), Karo Sinabung (Sumatera Utara), dan Dili (Timor Leste).

“Menyampaikan amanah sampai ke daerah yang susah dijangkau adalah kenikmatan yang Allah berikan," tambahnya. 

Saat ini, lanjut Wildan, paket Ramadan yang sudah tersalurkan sejumlah 3.560 di sejumlah wilayah nasional yang direncanakan. "Target kita semoga mampu menyalurkan 15 ribu paket Ramadan," ujarnya. 

Di balik Ekspedisi Ramadan yang turut menyertakan jajaran Direksi dan Donatur, sudah pasti banyak rintangan yang dilalui, mengingat pendistribusian dilakukan di wilayah 3T. Jarak tempuh yang cukup jauh, medan yang dilalui cukup parah serta sulitnya akses komunikasi. Salahsatunya Sorong, Papua, melewati jalanan pegunungan selama 4 jam dengan jalanan berlubang dan berkerikil. Sehjngga hanya bisa dilalui oleh kendaraan khusus saja.

Rizqi Rohmat yang turut melakukan Ekspedisi Ramadan di Sorong, Papua menerangkan, melihat keadaan masyarakat dan medan yang dilalui, pendistribusian Paket Ramadan di wilayah 3T sangat tepat sasaran. 

"Ekspedisi itu membuat penumpukan bantuan yang pernah terjadi di perkotaan tidak terulang lagi, karena ternyata masih banyak saudara-saudara di luar sana yang sangat butuh uluran tangan kita. Bahkan ada yang sama sekali belum pemah mendapatkan bantuan," tuturnya. 

"Mudah-mudahan dengan adanya penyaluran Paket Ramadan ke daerah-daerah 3T ini semakin menambah kepedulian kita terhadap saudara-saudara kita yang ada di pedalaman sana," tambahnya. 

KEYWORD :

Laznas IZI Paket Ramadan Daerah Pelosok




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :