Rabu, 24/07/2019 15:51 WIB

Makanan Ini Tak Bikin Gemuk Disantap Usai Tarawih

Berikut ini aneka jenis makanan yang baik dikonsumsi usai salat tarawih dan juga tak bikin berat badan Anda bertambah. Simak yuk!

ilustrasi komposisi makanan sehat.(Foto : sulieknek.lt)

Jurnas.com - Saat bulan Ramadan tiba seringkali kita tergoda untuk langsung menyantap hidangan buka puasa secara bersamaan baik itu takjil maupun makanan besar. Padahal, makanan besar bisa dikonsumsi pada malam hari usai salat tarawih.

Nah berikut ini aneka jenis makanan yang baik dikonsumsi malam hari dan juga tak bikin berat badan Anda bertambah:

1. Kacang

Merupakan makanan yang kaya serat dan antioksidan. Seperti yang kita ketahui bahwa serat merupakan hal penting karena mampu menjaga rasa kenyang kita bertahan lama.

Selain itu, dengan mengkonsumsi kacang, dan bisa mendapatkan tidur yang jauh lebih lelap, dan camilan ini merupakan salah satu makanan yang mampu mengatur gula darah serta meningkatkan produk Serotonin di dalam tubuh. Untuk mengkonsumsinya, nada bisa menyediakan kacang setiap hari di lemari es dan konsumsilah ketika lapar di malam hari.

2. Sayuran

Sayuran bisa dijadikan sebagai makanan utama ketika makan malam. Dengan mengkonsumsi sayuran, Anda juga akan menemukan banyak vitamin, protein, serta mineral yang membantu tubuh mendapatkan nutrisi lengkap tanpa harus takut gemuk. Lebih jauh, sayuran mengandung kadar air dengan jumlah yang tinggi sehingga Anda tidak akan merasa dehidrasi sepanjang malam. Konsumsilah sayuran dalam porsi besar agar manfaatnya maksimal.

3. Gandum

Merupakan salah satu daftar menu makanan diet yang mampu meningkatkan kadar triptophan yaitu zat yang mampu mendorong produksi serotonin di dalam tubuh.

Amat disarankan untuk menghindari makanan olahan seperti rotiputih, pasta, keripik, dan nasi putih sebelum tidur namun sebaliknya, Anda diharapkan untuk mengkonsumsi oatmeal atau roti gandum sebelum tidur.

4. Daging rendah kalori

Daging rendah kalori merupakan makanan yang tinggi akan protein serta tidak memperbanyak lemak di tubuh Anda. Salah satu daftar menu makanan diet ini bisa menjadi makanan nikmat di malam hari ketika lapar.

5. Susu

Triptophan merupakan zat Andalan susu yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan tingkat nyenyak tidur. Inilah alasan kenapa banyak orang yang mengatakan bahwa susu adalah minuman yang dianjurkan dikonsumsi ketika sulit tidur.

Secara umum, kita bisa mengetahui fakta tersebut karena tripthopan merupakan zat yang meningkatkan serotonin di dalam tubuh sehingga Anda mengantuk. Selain itu, hal penting yang ada di dalam susu lainnya adalah kandungan vitamin D sebagai penguat tulang.

6. Air mineral

Minuman ini digunakan untuk penahan lapar dan bukan sebagai solusi lapar. Anda bisa mengkonsumsi air mineral satu hingga dua gelas sebelum mengambil makanan. Kalau Anda masih lapar, maka cara terbaik adalah mengkonsumsi salah satu daftar menu makanan diet di atas.

TAGS : Makanan Sehat Malam Hari Salat Tarawih




TERPOPULER :