Rabu, 22/05/2019 12:15 WIB

Peringati Hari Kesehatan Jiwa Maternal Sedunia, MHI Roadshow Tiga Kota

Peringati Hari Kesehatan Jiwa Maternal Sedunia, komunitas MotherHope Indonesia menghelat sejumlah acara menarik.

Kegiatan yang pernah digelar Komunitas MotherHope Indonesia (Foto: MHI)

Jakarta, Jurnas.com - Tanggal 29 April-5 Mei diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Maternal Sedunia (HKJM). Tema yang diusung untuk rangkaian acara roadshow kami adalah Jalin Kasih Sayang Ibu dan Buah Hati.

MotherHope Indonesia (MHI) beserta komunitas Jakarta Babywearers, Paris Van Java Babywearers, Pejuang ASI Indonesia dan KPSI (Komunitas Peduli Skizofrenia) Solo Raya akan turut memperingati HKJM dengan melakukan Roadshow MHI 2019 berupa talkshow di Jakarta dan Bandung, serta pameran Lukisan di Solo.

Menurut Founder MHI Nur Yanayirah, tema Jalin Kasih Sayang Ibu dan Buah Hati ini diangkat karena ibu yang mengalami depresi pascamelahirkan dan gangguan mood lainnya kesulitan untuk menjalin bonding dengan buah hatinya.

"Bersama-sama dengan konseling, psikoterapi dan obat-obatan psikiatri (jika diperlukan), beberapa cara terbukti ampuh untuk meningkatkan jalinan bonding antara lain menyusui, menggendong dan bernyanyi untuk sang buah hati," tuturnya.

Acara yang dimulai besok Minggu (28/4) ini diharapkan akan semakin meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat, serta mengurangi stigma terkait depresi pasca melahirkan dan gangguan mood lainnya pada masa perinatal.

"Nantinya ibu dan keluarga dapat mencari bantuan profesional (psikolog dan psikiater) dan mendapatkan penanganan yang memadai," ucapnya

TAGS : Kesehatan Maternal Ibu Depresi




TERPOPULER :