Kamis, 18/07/2019 04:28 WIB

Satu Dekade Berkarya, Ini Mimpi Ria Miranda

Bagi penggemar modest fashion, nama Ria Miranda mungkin tidak asing lagi sebagai salah satu desainer yang fokus pada gaya modest. 

Perjalanan 10 tahun Ria Miranda berkarya (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Brand Ria Miranda telah mencapai usia 10 dekade berkiprah di dunia modest fashion, Ria Miranda dan karyanya telah banyak mencapai prestasi.

Padahal ketika memulai brand Ria pertama pada 2009, Ria Miranda yang merantau dari Padang sendiri menemukan cukup banyak tantangan di Ibu Kota.

Untuk memperkenalkan sosok sang desainer serta brand-nya yang dicintai oleh komunitasnya yang disebut Ria Miranda Loyal Community (RMLC) tersebut, maka tim RiaMiranda menggelar sebuah acara untuk memulai perayaan dekade berkarya di industri mode Indonesia.

Acara ini adalah tahap pertama dari serangkaian acara lain yang akan diadakan sepanjang tahun 2019 untuk merayakan 19 tahun Ria Miranda berkarya sebagai brand modest.

Ria dalam obrolan hangat dengan sejumlah media mengatakan pencapaian 1 dekade brand Ria Miranda ini bukan tentang dirinya sebagai designer saja.

"Tentang banyak pihak yang ada di samping aku dan mengapresiasi setiap usaha dan karya yang telah dihasilkan. Jadi perlu bagiku untuk berterima kasih dan menunjukkan bahwa 1 dekade bukan tentang aku saja, tapi juga tentang mereka," ujar Ria saat ditemui Jurnas.com di Jakarta, Rabu (23/4).

Dalam perjalanan berkarya tentu banyak ekspektasi yang ditujukan padanya. Termasuk harapan untuk mewujudkan sustainable fashion yang kini sedang jadi perbincangan.

"Fashion kan sebuah choice, konsumen makin smart memilih produk yang sesuai. Kita tidak beli kain lalu dijual, tak ada uniqless. Makanya sampai sekarang konsisten tetap di jalur print. Lebih banyak bisa bereksplorasi dan secara biaya juga cukup terjangkau," imbuhnya

Pelan-pelan, lanjut Ria pernah mencoba mewujudkan eco-fashion, tapi memang customer belum engaged belum begitu aware, termasuk soal harga. "Memang butuh waktu dan proses yang lama untuk mewujudkan, tapi bukan berarti memang tidak bisa dilakukan," ucapnya.

Selama 10 tahun tentu tak mudah membangun sebuah bisnis yang kini telah memiliki enam lini. "Bisa sampai sejauh ini karena kami konsisten menjaga loyalitas konsumen (RMLC) sama-sama mewujudkan kebutuhan antara kami dengan customer, apa yang menjadi kebutuhan mereka," lanjutnya.

Salah satu bentuk acara yang nantinya akan digelar adalah pameran atau exhibition pada September 2019. Acara ini disiapkan oleh Ria bersama tim yang akan memperkenalkan sisi lain Ria Miranda yang sebelumnya tidak tertangkap mata.

Dengan konsep `10 Tahun Pertama Ria Miranda` para pengunjung akan diajak melihat ke balik layar dari setiap produk dan proses mencari inspirasi yang dilalui sampai akhirnya sebuah baju Ria Miranda bisa digunakan oleh para penggiat karyanya.

Segala rangkaian acara ini dirancang oleh Ria karena sang desainer merasa la tidak sendirian dalam mencapai titik ini. Saat mengingat awal mula perjalanannya, Ria memiliki niat untuk memberi pilihan beragam kepada para muslimah Indonesia untuk mulai berhijab.

Tak disangka la justru meraih banyak penghargaan, hingga menjadi brand ambassador sebagai influencer dimana karyanya bisa ditemukan di 21 kota cabang dan department store highend.

TAGS : Ria Miranda Modest Fashion Satu Dekade




TERPOPULER :