Jum'at, 18/10/2019 13:25 WIB

Suka Shopping? Simak Tujuh Tips Aman Belanja Online

Belanja melalui dunia maya meski semakin lama menjadi tren, Anda perlu kehati-hatian juga dalam melakukan transaksi.

Ilustrasi belanja online.

Jurnas.com - Apakah Anda senang berbelanja online? Atau sedang menghindari pusat pengeluaran? Belanja online adalah solusinya. Tapi tentu saja barang yang dibeli di dunia maya harus butuh siasat agar tetap aman dan nyaman.

Analis Keuangan Andy O`Donnell melalui portal online Lifewire.com memberikan tujuh tips membeli aman dan nyaman di dunia maya. Yuk simak!

1. Periksa Penilaian

Kepuasan pelanggan ditinjau kepuasan konsumen yang pernah membeli di toko online yang akan Anda tuju. Semakin banyak yang puas, semakin bagus penjual. Untuk mendapatkan pendapat kedua, dapat melihat aplikasi yang menunjukkan peringkat toko online seperti Google Shopping .

2. Periksa Setiap Keluhan Konsumen yang Masuk

Keluhan ini biasanya memberikan informasi yang tidak hanya terkait barang yang akan dibeli, tetapi juga tentang pengiriman dan tanggapan dari penjual.

3. Gunakan Kartu Kredit

Untuk pembayaran pada
negara yang menyediakan kartu kredit dari pemegang saham saat membeli secara online . Anda juga perlu membeli rekening untuk pembelian online dan kebutuhan lain. Terkait, Anda tak perlu bingung melihat tagihan transaksi kartu kredit dan kebutuhan lain.

4. Jangan Pernah Memasukkan Informasi Kartu Kredit ke Laman Online

Saat Anda meminta informasi kartu kredit, alamat web toko online memiliki alamat depan "https" bukan "http". Https pastikan bahwa Anda menggunakan saluran komunikasi yang terenskripsi untuk mengirim informasi kartu kredit. Hal ini mencegah orang lain melepaskan identitas dan menguping transaksi Anda.

5. Langsung Kunjungi Laman Penjual

Daripada mengklik tautan "Kupon Diskon" yang dibuka oleh sumber tak jelas. Scammer sering menggunakan perlindungan ini untuk menyelamatkan identitas kartu kredit Anda. Sebaliknya, Anda dapat membuktikan bahwa kupon yang diberikan memang dari vendor yang resmi.

6. Jangan Lupa Keluar dan Bersihkan Jejak

Selalu keluar dari laman toko online dan bersihkan cache browser, situs, cookie, dan riwayat setelah pembelian. Orang lain yang menggunakan perangkat Komputer Anda dapat menggunakan identitas Anda.

7. Jangan Bocorkan Pin

Toko online semestinya tak akan pernah meminta jumlah pin Anda. Jangan pula membawa tanggal lahir atau nomor di kartu identitas sebagai pin saat pembelian online.

Menjadi konsumen cerdas perlu untuk menghindari perdebatan atau selisih lewat elektronik lainnya. Selamat berbelanja!

TAGS : Belanja Online Tips Aman




TERPOPULER :