Jum'at, 26/04/2024 09:16 WIB

Memahami 1000 HPK yang Dikatakan KH Ma`ruf dalam Debat Cawapres

Masalah Stunting cukup banyak mendapat porsi dalam pembahasan debat cawapres bidang kesehatan.

ilustrasi anak stunting

Jurnas.com- Dalam tayangan debat calon wakil presiden antara KH Ma`ruf Amin dan Sandiaga Uno salah satunya membahas problem stunting dan bagaimana upaya pencegahannya. Dalam pemaparannya Ma`ruf Amin menyinggung persiapan 1000 HPK dalam mencegah stunting.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan 1000 HPK? Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) merupakan periode sensitif yang menentukan kualitas hidup di masa yang akan datang.

Perbaikan gizi dilakukan melalui pendekatan continuum of care dengan fokus pada 1000 HPK yaitu mulai dari masa kehamilan sampai dengan anak berusia 2 tahun.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 diperoleh angka stunting sebesar 30,8 persen. Hal ini menunjukkan bahwa masalah stunting masih menjadi masalah kesehatan masyarakat karena masih di atas ambang batas 20 persen.

Demikian juga dengan meningkatnya angka anemia pada ibu hamil sebesar 48,9 persen (Riskesdas, 2018) dari yang sebelumnya 37,1 persen (Riskesdas, 2013). Masalah tersebut berhubungan dengan fakta yang menunjukkan 70-80 persen ibu hamil belum tercukupi konsumsi energi dan proteinnya (Studi Diet Total, 2014).

Sasaran diperluas dengan mengembangkan jangkauan pelayanan gizi pada remaja puteri dan calon pengantin melalui pemberian tablet tambah darah (TTD), sebagai persiapan periode kehamilan.

Berbagai jurnal menyebutkan, kerugian materi dan imateri dari masalah gizi luar biasa besar. Masalah gizi menyebabkan rendahnya status kesehatan dan gizi sehingga berpengaruh terhadap rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM), pencapaian pendidikan rendah, dan daya saing bangsa.

KEYWORD :

1000 HPK Masalah Stunting Masalah Gizi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :