Senin, 20/05/2019 02:21 WIB

Kanker Serviks Menyerang Perempuan Usia Produktif

 Pemberian vaksinasi HPV menjadi inisiatif KICKS dalam merespon kondisi kanker serviks di Indonesia yang semakin mengkhawatirkan. 

Indonesia peringkat kedua negara dengan jumlah penderita kanker serviks terbanyak di dunia (Foto: Thinkstock)

Jakarta, Jurnas.com - Data GLOBOCAN 2018 menunjukkan kematian akibat kanker serviks mencapai 18.279 pertahun, artinya sebanyak 50 perempuan Indonesia meninggal setiap harinya karena kanker serviks.

Tingginya angka tersebut menunjukkan bahwa kurangnya upaya pencegahan dan kesadaran masyarakat untuk melakukan pencegahan sejak dini.

Data dari WHO pada September 2016 menunjukan bahwa sebanyak 67 negara termasuk Australia, Malaysia, dan Thailand telah mengimplementasikan program vaksinasi HPV.

Dan nyatanya, di Australia dalam empat hingga lima tahun pertama setelah program vaksinasi HPV dimulai, infeksi HPV menurun sebesar 77 persen pada usia 18-24 tahun.

Selain melindungi kanker serviks, vaksinasi HPV juga dapat melindungi dari berbagai macam penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus HPV, seperti kutil kelamin, kanker vulva dan vagina, kanker mulut dan tenggorokan, kanker anus serta pada laki-laki dapat menyebabkan kanker penis.

dr. Venita Eng, MSc, perwakilan dari YKI DKI dan juga pendukung KICKS mengatakan banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui bahwa kanker serviks adalah satu-satunya kanker yang dapat dicegah, yaitu dengan melakukan vaksinasi HPV.

 “Kanker serviks banyak ditemukan pada perempuan usia produktif dan dari keseluruhan kasus kanker serviks baru yang ditemukan di Indonesia, diketahui lebih dari 70 persen sudah pada stadium lanjut," ucapnya.

Pada kondisi ini, pengobatan menjadi lebih sulit, lebih mahal serta tingkat keberhasilan juga menurun. Oleh karenanya, dr Venita sangat mengimbau para perempuan segeralah lindungi diri dari kanker serviks dengan vaksinasi HPV dan deteksi dini karena pencegahan jauh lebih baik serta lebih mudah daripada pengobatan.

Membuktikan langkah nyatanya dalam upaya mengadvokasi masyarakat akan pencegahan kanker serviks, Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) memberikan vaksinasi HPV sebagai pencegahan primer kepada dua selebriti perempuan Indonesia, yaitu Cinta Laura Kiehl dan Yuki Kato.

Dengan menunjukkan secara langsung pemberian vaksinasi HPV ini kepada kedua tokoh yang dikenal baik oleh masyarakat ini, diharapkan dapat menjangkau lebih banyak lagi perempuan Indonesia untuk tersadar akan pentingnya melakukan tindakan nyata dengan sergera melakukan pencegahan vaksinasi HPV dan deteksi dini.

Masih dalam rangkaian kegiatan pameran foto #IAmTrulyWoman yang diluncurkan pada 8 Maret 2019 lalu, pemberian vaksinasi HPV ini adalah upaya KICKS dalam mengajak masyarakat Indonesia, khususnya perempuan untuk tergerak dan segera melindungi diri mereka dari kanker serviks dengan vaksinasi HPV.

TAGS : Kanker Serviks Vaksin HPV Perempuan Produktif




TERPOPULER :