Sabtu, 20/04/2024 21:02 WIB

Secangkir Kopi Lindungi Anda dari Empat Penyakit Ini

Tahukah Anda jika hari ini diperingati sebagai Hari Kopi Nasional? Manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan dari secangkir kopi?

Biji kopi dan secangkir kopi (Foto: Financial Tribune)

Jurnas.com - Pernahkah Anda membayangkan bahwa segelas kopi yang diminum dapat melindungi tubuh dari kanker payudara, hipertensi dan demensia?

Dilansir dari berbagai sumber, risiko meninggal karena penyakit jantung turun hingga 15 persen, alzeimer 25 persen dan penyakit hati lebih dari 30 persen. Tidak hanya itu, risiko terkena kanker lebih rendah 18 persen dan lebih dari 30 persen menurunkan risiko terkena diabetes tipe-2.

Nah, berikut ini manfaat kesehatan minum kopi yang perlu Anda tahu:

1. Terhindar dari kanker

Cosmo UK mengumpulkan berbagai hasil penelitian dan menemukan bahwa perempuan yang meminum lima gelas atau lebih kopi dalam sehari memiliki kemungkinan untuk terhindar dari serangan kanker payudara. Bukan itu saja, kopi juga ternyata dapat mengurangi dampak dari serangan berbagai penyakit.

2. Mengurangi tekanan darah

Hasil studi sebuah penelitian di Yunani menemukan bahwa dengan mengkonsumsi segelas kopi per hari dapat mengurangi tekanan darah. Antioksidan dalam kopi meningkatkan produksi oksida nitrat di dalam tubuh yang dapat mengurangi tegangan dalam dinding arteri. Hal ini menyebabkan lancarnya aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

3 Melawan penurunan daya ingat

Universitas Bristol juga menemukan bahwa orang yang meminum segelas kopi secara regular, memiliki performa lebih baik dalam tes mental. Fakta lainnya, 200 mg kafein dalam dua gelas kopi juga dapat melawan penurunan daya ingat yang berhubungan dengan demensia.

Universitas Florida percaya bahwa kafein dapat mencegah penumpukan protein pada otak yang terhubung dengan Alzheimer. Jika Anda mengkonsumsi gelas ke-tiga, Anda akan mengurangi resiko berkembangnya kanker rahim hingga seperlima.

4. Menurunkan risiko serangan jantung

Tetap tidak yakin? Peneliti di Tokyo menemukan bahwa lima gelas kopi sehari dapat menurunkan risiko serangan jantung hingga 75 persen. Bahkan menurut Universitas Negeri Wayne, kopi dapat mengurangi resiko dari beberapa kanker kulit hingga sepertiga pada konsumsi gelas ke-enam.

Fakta yang mengejutkan, bukan? Setidaknya info ini bisa menjadi alternatif pandangan dari berbagai fakta yang beredar mengenai bahaya kopi.

KEYWORD :

Hari Kopi Nasional Manfaat Kopi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :