Kamis, 18/04/2024 13:43 WIB

Rutin Minum Kopi Ternyata Mampu Kurangi Risiko Penyakit Hati Kronis

seorang profesor kesehatan masyarakat di University of Southampton, Inggris melaporkan bahwa segala jenis kopi dapat mengurangi risiko penyakit hati kronis.

Biji kopi dan secangkir kopi (Foto: Financial Tribune)

Jakarta, Jurnas.com - Peneliti Dr. Paul Roderick, seorang profesor kesehatan masyarakat di University of Southampton, Inggris melaporkan bahwa segala jenis kopi dapat mengurangi risiko penyakit hati kronis.

"Baik berkafein atau tanpa kafein, digiling atau instan, tidak ada bedanya dalam kekuatan nyatanya untuk menangkal segala macam penyakit hati, selama Anda minum tiga sampai empat cangkir sehari," kata Roderick, dilansir UPI, Jumat (25/06).

"Semua jenis kopi tampaknya melindungi terhadap penyakit hati yang parah. Tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum kami dapat merekomendasikan kepada masyarakat untuk mulai minum kopi atau meningkatkan jumlahnya karena alasan kesehatan hati."

Dia menekankan bahwa penelitian ini tidak membuktikan kopi mencegah penyakit hati, hanya tampaknya ada hubungannya.

"Kita harus berhati-hati dalam memperkirakan dari studi observasional untuk mengatakan ada hubungan sebab akibat antara kopi dan penyakit hati," kata Roderick.

"Atribut lain dari peminum kopi mungkin terkait dengan risiko penyakit hati, dan kami mungkin tidak memperhitungkannya."

Tetapi penelitian itu menambah bukti bahwa kopi bersifat protektif, meskipun komposisi kimianya berbeda dari berbagai jenis. Menurutnya, yang belum diketahui adalah kandungan apa dalam kopi yang bisa melindungi hati.

"Kopi adalah zat yang kompleks, dan kami tidak ingin berspekulasi berlebihan tentang mekanisme yang berbeda," kata Roderick.

Dia mengatakan tidak jelas apakah kopi dapat mencegah kerusakan hati sejak awal atau malah berkembang menjadi bentuk yang lebih parah.

"Mengingat skala global penyakit hati, ini adalah area penting untuk penelitian," tambah Roderick.

Tingkat penyakit hati terus meningkat dan menyebabkan sekitar 2 juta kematian per tahun di seluruh dunia, menurut Journal of Hepatology.

Untuk penelitian - yang tidak menerima dana dari industri kopi - tim Roderick menggunakan data UK Biobank pada hampir 500.000 orang dengan "konsumsi kopi yang diketahui" yang diikuti selama rata-rata sekitar 11 tahun. Median berarti setengah diikuti lebih lama, setengah untuk waktu yang lebih sedikit.

Tujuh puluh delapan persen minum kopi bubuk atau kopi instan berkafein atau tanpa kafein, dan 22% tidak minum kopi. Selama masa studi, 3.600 orang mengembangkan penyakit hati kronis dan 301 meninggal.

Lebih dari 5.400 peserta mengembangkan penyakit hati kronis atau penumpukan lemak di hati yang dikenal sebagai penyakit hati berlemak, dan lebih dari 180 mengembangkan kanker hati.

Dibandingkan dengan non-peminum kopi, mereka yang minum kopi memiliki risiko penyakit hati kronis 21% lebih rendah dan risiko penyakit hati kronis atau berlemak 20% lebih rendah. Risiko kematian mereka akibat penyakit hati kronis turun 49%, para peneliti menemukan.

Manfaat terbesar terlihat di kalangan pecinta kopi bubuk, yang memiliki kadar kahweol dan cafestol yang tinggi, senyawa kimia alami dari biji kopi. Keduanya telah terbukti melindungi terhadap penyakit hati kronis pada hewan.

Namun, kopi instan, yang memiliki kadar kahweol dan cafestol yang rendah, juga mengurangi risiko penyakit hati kronis, kata para peneliti, yang menyiratkan bahwa mungkin ada hubungan kompleks antara berbagai bahan dalam kopi.

David Bernstein, direktur Sandra Atlas Bass Center for Liver Diseases di Northwell Health di Manhasset, NY, mengatakan beberapa penelitian telah menemukan kopi baik untuk hati.

"Tapi ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa efeknya terlihat pada peminum kopi berkafein dan tanpa kafein dan bahwa kopi bubuk memberikan manfaat yang lebih besar daripada kopi instan," katanya.

Para penulis Inggris mencatat bahwa kopi sudah tersedia dan bahwa temuan ini menunjukkan bahwa itu mungkin pengobatan pencegahan potensial untuk penyakit hati kronis.

"Saya setuju, meskipun penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, temuannya penting, dan sementara studi lebih lanjut tentang kopi sebagai agen hepatoprotektif diperlukan, mungkin sudah waktunya bagi dokter untuk mempertimbangkan merekomendasikan penggunaannya kepada pasien yang berisiko penyakit hati kronis," kata David.

Temuan ini dipublikasikan secara online Senin di jurnal BMC Public Health.

KEYWORD :

Manfaat Kopi Hati Kronis Hasil Penelitian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :