Jum'at, 04/12/2020 15:28 WIB

Kampus China Temukan Mekanisme Tunda Penuaan Saraf

Universitas Sains dan Teknologi (HKUST) Hong Kong menemukan mekanisme baru yang dapat menunda degenerasi (penuaan) saraf.

Ilustrasi penuaan dini

Hong Kong, Jurnas.com – Universitas Sains dan Teknologi (HKUST) Hong Kong menemukan mekanisme baru yang dapat menunda degenerasi (penuaan) saraf.

Temuan yang dihasilkan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan China dan Universitas Jinan, membawa harapan baru untuk perawatan kerusakan saraf dan penyakit neurodegeneratif, seperti Parkinson dan Amyotrophic Lateral Sclerosis.

Menurut tim, akson adalah proyeksi panjang dari sel neuron atau saraf yang mentransmisikan impuls listrik ke otot dan sel saraf lainnya. Kegagalan integritas aksonal dapat menyebabkan kematian aksonal kembali atau degenerasi saraf retrograde.

Sementara dikutip dari People’s Daily, gen baru Vps4 diidentifikasi efektif dalam menunda degradasi saraf yang rusak.

Melalui penyaringan genetik pada lalat buah, dan verifikasi hewan pengerat, tim menggunakan sistem in vitro dan in vivo untuk menunjukkan bahwa protein Vps4 yang diekspresikan secara berlebihan, dapat menunda degradasi saraf yang rusak hingga tiga hari.

Penemuan ini menandai terobosan penting dalam memahami mekanisme molekuler, yang mengatur integritas aksonal dan kemungkinan neurodegenerasi, kata tim tersebut.

Lebih lanjut, Vps4 mengatur autophagy, sebuah proses yang menghilangkan protein dan organel yang rusak untuk melawan efek negatif dari cedera akson dan neurodegenerasi selama penuaan. Penipisan Vps4 dapat menginduksi hambatan autophagic dan menyebabkan degenerasi aksonal berikutnya.

Liu Kai, profesor dari Divisi Ilmu Kehidupan di HKUST dan salah satu pemimpin tim, mengatakan dalam penelitian di masa depan, menekan degradasi Vps4 yang cepat mungkin merupakan arah yang penting dan diharapkan untuk mendapatkan efek perlindungan saraf yang lebih kuat.

TAGS : Penuaan Saraf Kampus China




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :