Jum'at, 26/04/2024 00:16 WIB

Balas Dendam, Pemerintah AS Batasi Pergerakan Diplomat China

Departemen Luar Negeri mengatakan Pompeo akan berpartisipasi dalam pertemuan para Menteri Luar Negeri KTT Asia Timur dan pertemuan lainnya dengan rekan-rekan ASEAN pada 9 September.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo. (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Amerika Serikat mengatakan, diplomat senior China harus mendapat persetujuan Departemen Luar Negeri AS sebelum mengunjungi kampus-kampus AS atau mengadakan acara budaya dengan lebih dari 50 orang di luar tempat misi.

Washington melakukan langkah itu sebagai tanggapan atas pembatasan Beijing terhadap diplomat Amerika di China. Tindakan itu merupakan bagian dari kampanye Paman Sam terhadap dugaan operasi pengaruh China dan mata-mata.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan akan mengambil tindakan untuk membantu memastikan semua kedutaan besar China dan akun media sosial konsuler diidentifikasi dengan benar.

"Kami hanya menuntut timbal balik," kata Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo dalam jumpa pers pada Kamis (3/9), seperti dikutip dari Channelnewsasia.

"Akses untuk diplomat kami di China harus mencerminkan akses yang dimiliki diplomat China di AS, dan langkah hari ini akan menggerakkan kami secara substansial ke arah itu," sambungnya.

Itu adalah langkah terbaru AS untuk mengekang aktivitas China di AS menjelang pemilihan presiden November, di mana Presiden Trump telah membuat pendekatan yang keras ke China sebagai platform kebijakan luar negeri utama.

Kedutaan Besar China di Washington menyebut langkah itu satu lagi pembatasan dan penghalang yang tidak dapat dibenarkan bagi personel diplomatik dan konsuler China yang bertentangan dengan nilai-nilai yang diproklamirkan sendiri tentang keterbukaan dan kebebasan pihak AS.

Pompeo juga mengatakan Departemen Luar Negeri baru-baru ini sudah menulis kepada dewan pemerintahan universitas AS untuk memperingatkan perihal ancaman yang ditimbulkan oleh Partai Komunis China.

"Ancaman ini bisa datang dalam bentuk pendanaan ilegal untuk penelitian, pencurian kekayaan intelektual, intimidasi terhadap mahasiswa asing dan upaya perekrutan bakat yang tidak jelas," kata Pompeo.

Ia mengatakan universitas dapat membantu memastikan mereka memiliki investasi bersih dan dana abadi dengan mengungkapkan dana tersebut kepada perusahaan China dan melepaskan mereka yang terkait dengan pelanggaran hak asasi manusia.

Pada Selasa (1/9), Pompeo berharap puluhan pusat budaya Institut Konfusius yang didanai pemerintah China di kampus-kampus AS, yang diduga bekerja untuk merekrut mata-mata dan kolaborator, semuanya akan ditutup pada akhir tahun.

Pada Rabu (2/9), Confucius Institute US Center yang berbasis di Washington, yang disebut Pompeo menjalankan pengaruh jahat Beijing, mengatakan bahwa hal itu disalahartikan Departemen Luar Negeri sebagai markas besar untuk Institut Konfusius.

"Berlawanan dengan apa yang telah didengar orang dari Departemen Luar Negeri, program CI di AS tidak bergantung satu sama lain, diatur dan dijalankan oleh sekolah yang memilih untuk mendirikan pendidikan bahasa China, dan dikelola oleh orang-orang yang dipekerjakan dan diawasi oleh sekolah-sekolah tersebut," katanya.

Pompeo berencana untuk membahas China dan masalah regional lainnya dengan 10 negara Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan negara-negara Indo-Pasifik lainnya dalam pertemuan virtual minggu depan.

Departemen Luar Negeri mengatakan Pompeo akan berpartisipasi dalam pertemuan para Menteri Luar Negeri KTT Asia Timur dan pertemuan lainnya dengan rekan-rekan ASEAN pada 9 September.

Dikatakan bahwa pada 11 September, pihaknya akan meluncurkan kemitraan kerja sama dengan negara-negara mitra Sungai Mekong, Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, dan Vietnam, yang bertujuan untuk memperkuat otonomi, kemandirian ekonomi, dan pembangunan berkelanjutan.

Pada hari itu juga, ia akan berpartisipasi dalam pertemuan ASEAN Regional Forum, pengelompokan 27 negara yang mempertemukan ASEAN dengan mitra wicara dari seluruh dunia.

Pada Oktober lalu, AS juga mengharuskan diplomat China untuk memberikan pemberitahuan pertemuan dengan pejabat negara bagian dan lokal dan di lembaga pendidikan dan penelitian.

Departemen Luar Negeri AS juga meminta media China untuk mendaftar sebagai perwakilan luar negeri dan mengumumkan pada bulan Maret bahwa mereka memotong jumlah jurnalis yang diizinkan untuk bekerja di kantor-kantor media besar China di AS menjadi 100 dari 160. (Channelnewsasia)

KEYWORD :

Amerika Serikat Mike Pompeo Aktivitas China Diplomat China Kampus China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :