Senin, 18/02/2019 11:52 WIB

Tidak Nyaman Cegukan? Ini Penyebabnya

Beberapa jenis makanan memang bisa memicu cegukan, terutama makanan kering, suhunya terlalu panas, atau yang rasanya pedas.

ilustrasi upaya meredakan cegukan

Jurnas.com - Cegukan. Pasti terasa tidak nyaman, apalagi saat selesai makan. Tidak berbahaya, tapi cukup mengganggu. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab cegukan mendera kita. Bisa dari cara makan atau karena stress. Sebelumnya kita jelaskan dulu apa itu cegukan.

Cegukan adalah suara yang ditimbulkan oleh kontraksi alias penegangan diafragma yang merupakan dinding otot yang memisahkan antara perut dengan dada, fungsinya untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Saat itu, terjadi penutupan katup epiglotis yang mendadak inilah yang menimbulkan suara ‘hik’ saat cegukan.

Berbagai penyebab cegukan setelah makan. Yuks diperhatikan!

#Makan terlalu cepat dan banyak
Makan terburu-buru biasanya ini modus cegukan yang paling umu. Karena menyebabkan perut cepat membesar dan mendorong diafragma untuk berkontraksi. Begitu juga makan terlalu cepat, akan ada banyak udara yang ikut masuk ke dalam tenggorokan saat menelan.

#Jenis makanan tertentu

Beberapa jenis makanan memang bisa memicu cegukan, terutama makanan kering, suhunya terlalu panas, atau yang rasanya pedas. Makanan kering seperti roti, cenderung lebih sulit dikunyah. jenis makanan ini rentan melukai dan mengiritasi lapisan kerongkongan. Sejumlah saraf yang ada di kerongkongan akan terangsang dan memicu kontraksi diafragma, sehingga pada akhirnya menyebabkan cegukan.

#Perubahan suhu di esofagus
Penyebab cegukan juga bisa terjadi karena perubahan suhu di kerongkongan. Karena  secara mendadak akan ‘mengitik’ saraf kerongkongan dan merangsang kontraksi diafragma secara berlebihan.

#Stres
Untuk poin terakhir ini bahwa cegukan ternyata juga bisa disebabkan oleh emosi berlebihan. Ya, kondisi terlalu stres atau bahagia berlebihan dapat menyebabkan cegukan. Orang yang sedang emosi berlebihan cenderung menelan udara lebih banyak. Sebab biasanya, orang yang sedang marah atau sangat bahagia cenderung melampiaskan emosinya dengan makan banyak.

Nah yang perlu diperhatikan adalah, cegukan yang normal biasanya terjadi selama kurang dari 48 jam dan akan berhenti dengan sendirinya. Jika lebih dari itu, baiknya periksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebabnya.

TAGS : Tips Kesehatan Penyebab Cegukan Makanan Sehat




TERPOPULER :