Kamis, 25/04/2024 14:48 WIB

Miliki Dana Darurat Hidup Terasa Aman

Seperti namanya, tabungan dana darurat hanya akan digunakan saat keadaan darurat.
 

Ilustrasi Uang

Jurnas.com - Disarankan setiap orang memiliki tabungan dana darurat agar Anda memiliki uang yang bisa dibeli berjaga-jaga dibeli ada yang penting atau dibeli.

Seperti namanya, tabungan dana darurat hanya akan digunakan saat keadaan darurat, misalnya Anda kena PHK atau ada keluarga yang sedang kesusahan.

Lalu, berapa dana yang harus dikeluarkan? melansir dari CNBC, menurut Miliarder Mark Cuban, setiap orang menghemat dana darurat enam kali menerima. Jika ingin benar-benar aman, Anda bisa menyimpan dana sebesar 12 bulan kali menerima.

Berikut cara untuk mendapatkan dana darurat seperti dikutip dari laman wisebread:

1. Atur anggaran

Salah satu cara menyiapkan dana darurat adalah dengan memangkas anggaran. Anggaran yang dihabiskan untuk makanan dan hiburan bisa dipangkas untuk penghematan darurat tersebut. Namun, bisa membantu Anda mengelola keuangan.

2. Barang

Jika Anda sedang berada di situasi darurat dan tidak memiliki uang, barang-barang yang ada di rumah juga membutuhkan dana darurat. Saat mengatasi masalah darurat, Anda dapat menjual barang yang tidak diperlukan untuk mendapatkan uang. Anda dapat membawa barang berharga Anda ke pengadaian, jika Anda membutuhkan uang dalam waktu cepat.

3. Meminjam uang

Meminjam uang juga bisa membantu Anda menyiapkan dana darurat. Anda dapat meminjam uang dari orang terdekat misalkan teman dan saudara Anda. Namun demikian, Anda menyetujui perjanjian untuk mengembalikan uang dan menyetujui pinjaman tersebut. 

KEYWORD :

Dana Darurat Tabungan Darurat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :