Senin, 20/05/2019 05:42 WIB

Empat Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan Anda tidak direkomendasikan mengonsumsi obat-obatan saat batuk atau pilek menyerang. Lalu apa solusinya?

ilustrasi obat untuk ibu hamil

Jurnas - Perempuan yang sedang hamil rentan memiliki daya kekebalan tubuh yang lemah. Selain tubuh merasa lekas lelah juga sering terkena keluhan mual dan sembelit. Belum lagi dipapar pilek, flu, dan batuk terus menerus yang sangat menggangu dan tidak nyaman.

Namun perlu diperhatikan selama masa kehamilan Anda tidak direkomendasikan berlebihan dalam konsumsi obat-obatan, tidak hanya dapat berbahaya bagi ibu tetapi juga bagi bayi, karena ia memperoleh nutrisi dari apa pun yang disusui ibu. Obat-obatan juga dapat menimbulkan efek samping tertentu.

Nah, jika Anda mengalami batuk dan pilek selama hamil, Anda bisa membuat home treatment sendiri yang lebih aman untuk kehamilan, seperti yang dilansir dari laman Boldsky berikut ini:

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat luar biasa yang memiliki sifat antijamur dan mencegah penularan dalam tubuh. Minyak kelapa juga antibakteri dan antivirus, yang berjuang melawan patogen berbahaya dalam tubuh. Terdapat juga asam laurat yang hadir dalam bentuk terkonsentrasi dalam minyak ini, bertindak secara efektif dalam melarutkan lapisan lipid yang mengelilingi virus, dan dengan demikian meningkatkan kekebalan terhadap infeksi tubuh.

Minyak kelapa sangat sehat untuk kesehatan, baik secara internal maupun eksternal. Satu sendok minyak dapat ditambahkan saat memasak apa saja, atau ditambahkan ke minuman sesuai dengan selera Anda.

2. Bawang putih dan jahe

Bawang putih menciptakan panas di dalam tubuh. Oleh karena itu, bawang putih juga telah diketahui mengurangi kadar kolesterol. Memiliki sifat antiseptik, antivirus, dan antibakteri yang membantu menyembuhkan batuk dan pilek hanya dalam beberapa hari. Bawang putih juga telah dikenal untuk menurunkan dan mengoptimalkan kadar aliran darah selama kehamilan.

Jahe biasa ditemukan di setiap dapur. Tidak ada hidangan yang terasa lengkap tanpa itu. Sama seperti bawang putih, bahkan jahe menunjukkan sifat hangat. Ini mengatur sirkulasi darah dan melawan infeksi bakteri atau virus. Teh jahe yang dibuat dengan merebus parutan jahe, jus lemon dan madu, bersama dengan daun kemangi adalah obat yang efektif untuk batuk dan pilek. Jahe juga menenangkan mulas dan keasaman perut.

3. Sup ayam

Tidak ada yang lebih nikmat daripada sup ayam yang enak dan panas saat batuk dan dingin. Perpaduan sempurna antara rempah-rempah dan sifat-sifat panas ayam cocok untuk mengatasi gejala flu. Sup ayam sangat bergizi dan mengandung sifat anti-inflamasi juga. Bumbu seperti jahe, bawang putih, lada, thyme, rosemary, dll, dapat ditambahkan untuk membuatnya lebih harum dan lezat. Semua bahan ini dalam kombinasi adalah obat kuat untuk batuk dan pilek.

4. Bawang

Bawang, seperti halnya jahe dan bawang putih, memiliki kecenderungan panas. Ini telah digunakan sejak zaman kuno dalam Ayurveda untuk manfaat kesehatannya yang luar biasa. Namun, mereka harus dimakan mentah daripada dimasak untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Bawang mentah dapat dimasukkan sebagai bagian dari salad apa pun. Itu juga dapat dipotong dan disimpan di dalam ruangan untuk membersihkan koloni virus dan bakteri yang berbahaya. Namun demikian, beberapa perempuan dapat menemukan baunya sangat kuat dan mual, sehingga mereka dapat beralih ke pengobatan lain

TAGS : Ibu Hamil Batuk Pilek Obat Alami




TERPOPULER :