Senin, 14/10/2019 05:18 WIB

Xi Jinping Menyapa Warganya di Restoran Kecil Beijing

Interaksi santai seperti itu antara politisi senior dan publik jarang terjadi di negara di mana bahkan ulang tahun para pemimpin atau latar belakang keluarga sering kali dirahasiakan.

Presiden China, Xi Jinping

Beijing, Jurnas.com - Jelang liburan Tahun Baru Imlek pekan depan, Presiden China, Xi Jinping mengejutkan warganya  disebuah restoran kecil di Beijing. Dalam kunjungan yang tidak direncanakan itu, Ia terlihat berbincang dengan seorang petugas.

Interaksi santai seperti itu antara politisi senior dan publik jarang terjadi di negara di mana bahkan ulang tahun para pemimpin atau latar belakang keluarga sering kali dirahasiakan.

Tahun sebelumnya, Xi juga mengunjungi penduduk desa di bagian barat daya China yang miskin. Di sana ia menekankan janji kampanyenya melawan kemiskinan.

Pada Jumat, televisi pemerintah memperlihatkan Xi berjalan ke restoran di distrik selatan Beijing yang dikenal dengan lorong-lorong tradisional dan halaman-halamannya, menanyakan berapa banyak makanannya dan berapa lama pemiliknya ada di kota.

Ketika pengunjung berdiri untuk mengambil gambar, Xi mengatakan kepada mereka untuk tidak berhenti makan karena dirinya. "Aku baru saja lewat," katanya.

Ketika Xi berbica di lokasi terpisah dengan petugas pengantar barang, yang berkeliling Beijing mengantarkan paket menggunakan sepeda motor, orang melintas disekitarnya dapat terlihat dengan jelas di sekitaranya.

"Apakah kamu tidak bisa mudik untuk mereyakan Festival Musim Semi?" Tanyanya pada salah satu petugas pengirim paket.

Meski begitu, Xi hampir pasti disertai dengan pengawalan yang lebih ketat. Meskipun pengawal-pengawal itu tidak langsung ditampilkan dalam rekaman televisi.

Sementara Xi terbilang berhasil menumbuhkan citra dan sangat populer dikalangan masyarakat China, karena perangnya melawan korupsi. Ia jarang berinteraksi santai sejak menjabat di kantor enam tahun lalu.

Pada tahun 2014, Xi mengejutkan warga Beijing dengan mengunjungi halaman rumah dan mengobrol dengan orang yang lewat di dekat jalan perbelanjaan selama salah satu hari penuh kabut asap kota yang terkenal.

Kunjungan itu mendapat pujian dari pengguna media sosial atas diplomasi publiknya yang tidak biasa.

Liburan selama seminggu, dimulai pada malam tahun baru, pada Senin, adalah yang paling penting dalam kalender China, karena jutaan orang akan melakukan mudik.

TAGS : Tahun Baru Imlek Presiden China Xi Jinping




TERPOPULER :