Selasa, 14/05/2024 19:58 WIB

Pidato Hari Nasional dan Pecat Menteri, Presiden China Jadi Perbincangan

Pidato Hari Nasional dan Pecat Menteri, Presiden China Jadi Perbincangan

Presiden China Xi Jinping bersulang kepada para tamu saat jamuan makan malam di Aula Besar Rakyat di Beijing, Tiongkok, 28 September 2023. Foto: via Reuters

BEIJING - Pada jamuan makan malam sebelum peringatan 74 tahun berdirinya Tiongkok atau China modern pada hari Kamis, Presiden Tiongkok Xi Jinping mendesak negaranya untuk "bekerja sama dalam persatuan" dalam pidato yang lebih sering disampaikan oleh perdana menteri.

Sejak menjabat sebagai presiden pada bulan Maret 2013, Xi sebelumnya telah menyampaikan pidato dua kali pada resepsi tahunan, yang biasanya diadakan pada malam Hari Nasional pada tanggal 1 Oktober. Pada tahun-tahun lain, pidato tersebut disampaikan oleh perdana menterinya.

Xi pertama kali menyampaikannya pada tahun 2014 saat resepsi dengan lebih dari 3.000 tamu, jauh lebih banyak dari biasanya yang berjumlah 1.200 orang pada saat itu. Pada tahun 2019, Xi kembali menyampaikan pidato pada resepsi yang pada tahun itu menandai peringatan 70 tahun berdirinya Republik Rakyat Tiongkok.

Kali ketiga pada Kamis, tiga hari sebelum HUT ke-74.

“Masa depan kita cerah, tapi jalan ke depan tidak akan mulus,” kata Xi kepada sekitar 800 tamunya, beberapa di antaranya adalah diplomat asing, di Aula Besar Rakyat di jantung kota Beijing.

Pada awal masa jabatan ketiga Xi yang memecahkan preseden sebagai presiden pada tahun 2023, lanskap politik dalam negeri Tiongkok telah berubah, seperti hilangnya dua menteri kabinet dan komandan militer tinggi yang tidak dapat dijelaskan.

Perubahan yang terjadi di tingkat tertinggi pemerintahan Tiongkok ini telah memicu perbincangan di kalangan diplomat dan pakar mengenai pembersihan politik, dengan meningkatnya ketidakpastian yang berpotensi mengaburkan ekspektasi terhadap pembuatan kebijakan dan menghambat keterlibatan dengan pemerintah asing.

Pejabat terakhir yang menghilang secara misterius dari pandangan publik adalah Menteri Pertahanan Li Shangfu. Dia terakhir terlihat di Beijing pada 29 Agustus saat memberikan pidato penting di forum keamanan dengan negara-negara Afrika.

Tidak jelas siapa yang akan menjadi wajah militer Tiongkok ketika Beijing mengadakan acara diplomasi pertahanan terbesarnya, Forum Xiangshan, pada tanggal 29-31 Oktober.

Pada resepsi hari Kamis, Xi mengatakan kepada para tamunya bahwa Tiongkok harus terus mengatasi “rintangan” ketika perdana menteri saat ini, Li Qiang, mendengarkan dengan penuh perhatian di meja perjamuannya, menurut rekaman yang disiarkan oleh lembaga penyiaran nasional Tiongkok.

“Kekuatan kita berasal dari persatuan dan kepercayaan diri yang lebih berharga daripada emas,” kata Xi.

KEYWORD :

Presiden China Xi Jinping Perdana Menteri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :