Minggu, 20/10/2019 18:01 WIB

188 Siswa Meriahkan Lomba Doodle Art Science

Sebanyak 188 siswa dari 65 sekolah Sejabodetabek mengikuti kegiatan Doodle Art Science Contest, yang diselenggarakan Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)

Peserta Doodle Art Science (foto:Alibas_Jurnas.com)

Jakarta – Sebanyak 188 siswa dari 65 sekolah Sejabodetabek mengikuti kegiatan Doodle Art Science Contest, yang diselenggarakan Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) di gedung PP-IPTEK yang berlokasi di area komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (26/01).

Direktur PP IPTEK, Mochammad Syachrial Annas mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan yang pertama kalinya diadakan untuk memberi kesempatan kepada generasi muda khususnya anak-anak dalam berimajinasi, mengasah kreativitas, dan menunjukkan ide-idenya dalam sebuah karya seni yang unik, menarik, dinamis, dan bernuansa sains.

Doodle art ini pertama kali kita adakan. Memang peserta belum banyak yang hadir, yakni baru berjumlah 188 orang dari sekitar 65 SD. Dibagi dua yaitu 108 Doodle Art, sisanya mewarnai,” ujar Mochammad Syachrial Annas kepada awak media, Sabtu (26/01)

“Kompetisi ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas generasi muda untuk mencintai sains dengan cara yang berbeda, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi demi kelangsungan hidup yang sehat,” tambahnya.

Doodle Art sendiri merupakan teknik membuat gambar dengan mencoret-coret kertas, menggabungkan aneka pola gambar yang terlihat abstrak sehingga menghasilkan satu kesatuan gambar. Sebuah karya Doodle Art biasanya menggambarkan perasaan orang yang membuatnya, bisa terlihat dari goresan-goresan yang dihasilkan.

Dalam kegiatan yang bertemakan ‘Makanan Kesukaanku’, para peserta dibagi menjadi kategori, yaitu kategori Mewarnai dan kategori Seni Membuat. Kategori Mewarnai diperuntukkan bagi pelajar SD kelas 1 – 3, sedangkan kategori Seni Membuat bagi SD kelas 4 – 6 yang diikuti sebanyak 188 orang pelajar yang berasal dari 65 sekolah dasar di wilayah Jabodetabek.

Syachrial menambahkan, meski pertama kalinya diadakan, kompetisi ini mendapat antusiasme dari para peserta. Untuk itu, lanjut Syachrial, kompetisi ini akan terus diadakan setiap tahunnya dan akan dilombakan secara nasional bahkan internasional.

“Ini kita baru uji coba makanya peserta baru dari Jabodetabek. Nah Alhamdulillah, walau baru pertama kali tapi antusias para peserta sudah tinggi,” kata Syachrial.

“Nantinya kita akan jadikan kegiatan tahunan. Sekarang ini baru di Indonesia, namun kita sudah cari jaringannya di internasional, sehingga bisa dilombakan di level internasional seperti roket air. Nanti science center yang ada di daerah-daerah kita harapkan mengadakan kegiatan serupa. Nanti peserta yang bagus di daerah akan kita nilai disini dan jadikan lomba nasional,” tambahnya.

Berikut daftar pemenang “Doodle Art Science Contest” :

Kategori Mewarnai Doodle Art:

Juara 1

Najla Wijaya dari SDIT Nurul Fikri

Juara 2

Nabila Aira Sugeharu dari SDN Cibuluh 1

Juara 3

Aretha Nathania Hendrawan dari SDK Penabur Depok

Harapan 1:

Rafif Rasya Pratama dari SDIT Nur Hikmah

Harapan 2

Alesandra Bella Luisa dari SD Tarakanita 5 Rawamangun

Harapan 3

Fathiyah Yasmin dari SDN Malaka Jaya 08

 

Kategori Membuat Doodle Art:

Juara 1

Lovieta Baby Calistya Putri dari SD Al Azhar 17 Bintaro

Juara 2

Marie Jane Tiarasuksma dari Sekolah Cita Buana

Juara 3

Aisyah Halilah Nibras dari SDIT Al Hikmah Bintara

Harapan 1

Andi Mutia Khairunnisa dari SDN Malaka Jaya 01

Harapan 2

Celine Jessica dari SD Tarakanita 1 Barito

Harapan 3

Sarah Talitha Mahza dari Sekolah Alam Indonesia Cabang Studio Alam

 

TAGS : Doodle Art Science PP IPTEK




TERPOPULER :