Senin, 14/10/2019 19:06 WIB

Tak Pakai Zonasi, Madrasah Fokus Pemerataan Kualitas

Pasalnya, hingga saat ini disparitas kualitas madrasah masih tinggi. Apalagi jumlah madrasah negeri hanya lima persen dari total 50 ribuan madrasah.

Siswa-siswi madrasah (Foto: Aceh News)

Jakarta – Penerapan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini masih belum berlaku menyeluruh di institusi pendidikan dasar menengah.

Madrasah yang berada di bawah tanggung jawab Kementerian Agama (Kemenag), memilih tidak mengikuti jejak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), yang sudah terlebih dahulu menerapkan zonasi.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag Ahmad Umar menerangkan, alasan madrasah belum menerapkan zonasi karena masih fokus pada peningkatan kualitas.

Pasalnya, hingga saat ini disparitas kualitas madrasah masih tinggi. Apalagi jumlah madrasah negeri hanya lima persen dari total 50 ribuan madrasah.

“Kami tahun ini belum menggunakan zonasi, masih seperti dulu. Zonasi belum bisa kita lakukan karena persoalan yang menyangkut masalah kualitas,” kata Umar kepada Jurnas.com pada Jumat (25/1) di Jakarta.

“Kami sedang membangun madrasah berkualitas di beberapa provinsi, itu nanti akan dijadikan rujukan bagi madrasah di sekitarnya,” imbuhnya.

Sebelumnya, Umar menyebut pemerataan kualitas madrasah dilakukan dengan cara pembibitan mutu. Sudah ada 22 Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) dan 10 Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK) di seluruh Indonesia, yang ditarget menjadi kepanjangan tangan pemerintah untuk melakukan pembibitan mutu bagi madrasah-madrasah yang ada di wilayahnya.

Madrasah itu yang kualitasnya bagus ada, tapi tidak banyak. Di sinilah kami ingin melakukan pembibitan mutu, karena tidak mungkin membuat madrasah yang bagus sekaligus,” terang Umar beberapa waktu lalu di Kantor Kemenag Jakarta.

Menurut penuturan Umar, skema pembibitan mutu ini sudah berhasil diterapkan di beberapa wilayah. Jawa Timur, contohnya, pembibitan madrasah sudah melahirkan MAN 2 Malang, yang kini dikenal sebagai madrasah riset. Ada juga lainnya yakni MAN 2 Kudus dan MAN 2 Pekanbaru.

TAGS : Sistem Zonasi PPDB 2019 Ahmad Umar Madrasah




TERPOPULER :